News Rabu, 08 Februari 2023 | 13:02

Universitas Hasanuddin Kirim Lima Dokter Spesialis untuk Bantu Korban Gempa di Turki

Lihat Foto Universitas Hasanuddin Kirim Lima Dokter Spesialis untuk Bantu Korban Gempa di Turki Pelepasan dokter Unhas ke Turki melalui via Zoom. (Foto: Unhas)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Sebanyak lima orang dokter spesialis dilepas Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa, ke Turki sebagai tim kemanusiaan.

Pelepasan tersebut dilakukan melalui saluran zoom di sela-sela kegiatan wisuda Rabu 8 Februari 2023 pukul 10.30 Wita.

Kelima dokter yang diberangkatkan tersebut, empat orang diantaranya spesialis bedah tulang (ortopedi) dan satu orang dokter spesialis anestesi.

“Kita melepas tim-tim dokter andalan Unhas ini untuk tugas-tugas kemanusiaan di Turki dan Syiria. Semoga bisa bekerja secara optimal dan berkontribusi signifikan dalam tugas-tugas kemanusiaan membantu masyarakat dan pemerintah yang terkena bencana gempa bumi di sana,” kata Prof Jamaluddin Jompa.

Sebelumnya, acara pelepasan ini diawali dengan pembacaan doa bersama kepada para korban gempa bermagnitudo 7,8 SR yang terjadi di Provinsi Gaziantep, Turki yang berbatasan dengan Syria.

Kelima dokter spesialis yang diberangkatkan tersebut adalah dr Jainal Arifin, M.Kes., SpOT(K) Spine, dr Muhammad Phetrus Johan, M.Kes., Ph.D(K), Dr.dr. Muh. Sakti, SpOT(K), Ismaharjuni Islamuddin S.Kep. Ns, dr Hisbullah, Sp An, KIC-KAKV.

Prof Idrus A Paturusi, yang hadir di Zoom pada pelepasan tersebut juga menyampaikan harapannya agar tim yang berangkat ini tetap berkoordinasi dengan pemerintahan setempat agar kegiatan bantuan kemanusiaan bisa lebih efektif.

“Setelah sampai di sana, silahkan tim berkoordinasi dengan tim kesehatan pemerintahan Turkie dan Syiria,” harap Prof. Idrus
Ketika dihubungi secara terpisah.

Prof. Idrus menyampaikan jika tim Unhas yang berangkat ini nantinya akan bergabung dengan tim dokter kemanusiaan dari Kementerian Kesehatan yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan instansi kesehatan di tanah air.

“Tim gabungan ini besok akan terbang langsung ke Turki bersama-sama dengan menggunakan pesawat Herkules,” ungkap mantan Rektor Unhas ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya