News Minggu, 19 Juni 2022 | 10:06

Gresita Siahaan, Putri Otonomi Indonesia 2022 Menjadi Wakil Mendagri 

Lihat Foto Gresita Siahaan, Putri Otonomi Indonesia 2022 Menjadi Wakil Mendagri  Gresita Fenny Yohana Siahaan. (Foto: Facebook Gresita)
Editor: Tigor Munte

Medan - Kementerian Dalam Negeri menggelar kontes Putri Otonomi Indonesia Tahun 2022. Pemenangnya adalah Gresita Fenny Yohana Siahaan, perwakilan Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara.

Sebelum meraih gelar tersebut, Gresita mengikuti tahapan seleksi yang tidak ringan, karena diikuti peserta dari seluruh Tanah Air.

Pada Sabtu, 28 Mei 2022 lalu dia lolos ke 22 besar finalis. Dia menyisihkan 35 finalis lainnya dari beberapa kabupaten.

Kemudian pada 15 Juni sampai 17 Juni 2022 dilakukan masa karantina, untuk seterusnya mengikuti grand final pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Gresita akhirnya berhasil terpilih menjadi Putri Otonomi Indonesia 2022 menyisihkan 11 finalis lainnya yang masuk dalam babak grand final.

Pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2022 tersebut berlangsung sebagai bagian dari acara malam puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Vimala Ballroom Hotel Pullman Vimala, Ciawi, Kabupaten Bogor, Sabtu malam.

Gresita Fenny Yohana Siahaan merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara. Dia lahir pada 13 September 2000 di Balige.

Lulusan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan penghobi menyanyi ini, memang cukup sering mengikuti berbagai lomba. 

Baca juga:

Kemendagri Tekankan Pelayanan Informasi Publik Merupakan Tanggung Jawab Bersama

Meraih Juara I Lomba Debat Politik SV IPB University 2018, Putri Daerah SV IPB University 2018, pembicara terbaik I Lomba Debat Bahasa Indonesia Provinsi Sumatera Utara 2017.

Kemudian, delegasi Sumatera Utara dalam pertukaran siswa mengenal nusantara di Sulawesi Barat 2017, finalis lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat Nasional 2017.

Delegasi Sumatera Utara dalam Pelopor Tata Ruang Nasional 2016, Putri Bonapasogit Kabupaten Tapanuli Utara 2016 dan Wakil Satu Duta Wisata Provinsi Sumatera Utara 2016. 

Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dalam malam pemilihan hadir dan menunjuk Gresita menggantikan dirinya sebagai wamendagri dalam sehari.

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada APKASI yang telah bekerja dan menggelar ajang pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2022.

Dia menyebut, sudah meminta izin Mendagri pada Selasa, 21 Juni 2022, yang terpilih menjadi Putri Otonomi Indonesia menggantikan dirinya satu hari jadi Wakil Dalam Negeri bekerja di kantor kementerian.

Wamendagri akan mengantar Gresita bertemu dengan Mendagri Muhammad Tito Karnavian untuk meminta arahan terkait tugasnya sebagai wamendagri dalam sehari. 

Gresita akan diberi fasilitas sebagai wamendagri seperti polisi patroli dan pengawalan (patwal), ajudan, dan sebagainya. []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya