News Senin, 14 Maret 2022 | 13:03

Gubernur Sulawesi Tengah Rudy Mastura Pingsan dalam Acara Ritual IKN

Lihat Foto Gubernur Sulawesi Tengah Rudy Mastura Pingsan dalam Acara Ritual IKN Para gubernur dan Presiden Joko Widodo dalam ritual adat membangun Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Utara, Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

PPU - Gubernur Sulawesi Tengah Rudy Mastura pingsan mengikuti ritual proses ritual adat syukuran penyambutan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022 siang.

Seluruh gubernur di Tanah Air mengikuti prosesi ritual adat bersama Presiden Jokowi di titik nol lokasi pembangunan Istana Negara. 

Saat proses berlangsung, Rusdy Mastura jatuh lemas dan sempat dibopong menuju tenda guna mendapatkan penanganan sebagaimana dibenarkan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kaltim Syafruddin.

"Iya benar pingsan, beliau kepanasan. Karena faktor usia, cuaca juga panas sekali tadi. Saat prosesi tadi ditempat terbuka, bersama gubernur lain beliau kan mengikuti persiapan dan sudah menunggu beberapa waktu di titik nol itu," ucapnya melalui sambungan telepon dilansir dari JPNN.

Dia menyebut, Rusdy Mastura jatuh pingsan ketika menaiki bukit hendak mengikuti agenda penanaman pohon di lokasi yang tidak jauh dari lokasi prosesi penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi.

Baca juga: Anies Bawa Tanah Kampung Akuarium ke IKN Nusantara

Rudy Mastur kelahiran 8 Februari 1950 itu tiba-tiba lemas dan lunglai. Diduga karena kelelahan. Rusdy yang mulai kehilangan kesadaran lantas dibawa ke mini ICU guna mendapatkan penanganan.

"Beliau langsung ditangani tim kesehatan di sana, tidak dilarikan ke rumah sakit, di sana sudah ada mini ICU, sudah ada tim kesehatan lengkap di lokasi," ungkap Syafruddin.

Saat mengikuti ritual adat, Rusdy Mastura tampak sehat dan menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Jokowi untuk dituangkan ke dalam Kendi Nusantara. 

Diduga karena cuaca yang terik serta proses ritual yang lama membuat mantan Wali Kota Palu itu lemas. Kondisi Rusdy Mastura kini dipastikan sudah membaik setelah mendapatkan penanganan dari tim medis.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya