Hiburan Kamis, 06 Januari 2022 | 21:01

Gugatan Bayi di Sampul Album Nevermind Nirvana Resmi Ditolak

Lihat Foto Gugatan Bayi di Sampul Album Nevermind Nirvana Resmi Ditolak Sampul album Nevermind milik Nirvana. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Gugatan hukum dari Spencer Elden, bayi di sampul album Nevermind milik grup band grunge Nirvana, resmi ditolak oleh hakim federal di Los Angeles, Amerika Serikat.

Laman Reuters melaporkan, hakim secara resmi menolak gugatan Spencer yang menuding Nirvana telah mengeksploitasinya secara seksual dengan meletakkan foto dirinya sebagai bayi telanjang berusia empat bulan di sampul album milik mereka.

Pada Senin, 3 Januari 2022 waktu setempat, Hakim Distrik AS Fernando Olguin resmi menolak gugatan setelah penggugat Spencer Elden lantaran melewatkan tenggat waktu untuk menanggapi mosi para terdakwa untuk membatalkan kasus tersebut.

Hakim Olguin kemudian memberi Elden waktu hingga 13 Januari untuk mengajukan aduan yang diubah guna mengatasi dugaan masalah yang diidentifikasi para terdakwa dalam kasusnya.

Sementara seorang pengacara untuk Elden tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Selasa, 4 Januari 2022 waktu setempat.

Dalam gugatannya yang diajukan Agustus lalu, Elden, yang saat itu berusia 30 tahun, mengklaim bahwa dia telah menderita "kerusakan seumur hidup" dari sampul album, yang menggambarkan dia berenang telanjang menuju uang kertas dolar yang ditusuk dengan kail ikan.

Dalam gugatan itu, Elden meminta ganti rugi setidaknya US$ 150 ribu dari masing-masing terdakwa, termasuk Universal Music Group, drummer Nirvana dan vokalis Foo Fighters Dave Grohl, bassis Nirvana Krist Novoselic, dan Courtney Love, janda vokalis Nirvana Kurt Cobain.

Album Nevermind sendiri merupakan salah satu album terlaris milik Nirvana yang pernah ada, dengan penjualan mencapai 30 juta di seluruh dunia.

Album ini menampilkan lagu ikonis Nirvana bertajuk Smells Like Teen Spirit yang membawa budaya grunge tersebar ke seluruh dunia.

Dalam mencari pemberhentian kasus Elden, para terdakwa mengatakan klaim Elden yang menyatakan foto tersebut merupakan pornografi anak, adalah "bukan masalah serius" di situasi tersebut.

Para terdakwa juga mengatakan Elden tidak dapat mengklaim sebagai korban setelah menghabiskan tiga dekade "mendapat keuntungan dari titelnya sebagai `Bayi Nirvana`."

Baca juga: Catat Tanggal Konser Perayaan 30 Tahun Album Nevermind Nirvana di Jakarta

Baca juga: Album Nevermind Nirvana Bagi Che Cupumanik, Tege CoconutTreez, dan Irsya Toiletsounds | Opsi.id

Bahkan, Elden sebagai orang dewasa juga telah membuat ulang foto tersebut, termasuk dengan tato "Nevermind" di dadanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya