Daerah Minggu, 09 Januari 2022 | 16:01

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas

Lihat Foto Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada minggu 9 Desember 2022. (Foto: Opsi/Ist)
Editor: Rio Anthony

Yogyakarta - Salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia, Gunung Merapi, dilaporkan mengeluarkan awan panas guguran sejauh 2.5 km ke arah barat daya.

Gunung yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini mengeluarkan awan panas pada, Minggu 9 Januari 2022 sekitar pukul 13.35 WIB. Awan panas ini tercatat pada seismogram dengan amplitudo 31 mm dan durasi 204 detik.

"Jarak luncur 2.500 meter ke arah barat daya. Arah angin ke timur," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya, Minggu 9 Januari 2022

BPPTKG juga melaporkan saat ini terjadi hujan di sekitar puncak Gunung Merapi. Hanik mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai adanya lahar hujan.

"Saat ini hujan masih berlangsung. Masyarakat yang beraktivitas di sungai-sungai yang berhulu di Merapi agar mewaspadai bahaya lahar hujan," tutur Hanik.

Sejak 5 November 2020 sampai saat ini, status Gunung Merapi masih berada di Level II atau siaga.

Dengan adanya status ini, masyarakat di minta selalu siap siaga untuk menghindari segala bahaya yang ditimbulkan gunung tersebut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya