News Senin, 06 Desember 2021 | 11:12

Ini Deretan Capres-Cawapres Pemilu 2024 yang Bakal Dicoblos Rakyat

Lihat Foto Ini Deretan Capres-Cawapres Pemilu 2024 yang Bakal Dicoblos Rakyat Ilustrasi pencoblosan Pilpres 2024. (foto: ist).

Jakarta - Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto mengungkap hasil survei lembaganya menunjukkan terdapat dua calon presiden (capres) terkuat untuk Pemilu 2024, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (19,5 persen) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (19,2 persen).

Kemudian ada tiga nama capres lainnya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (10,6 persen), Gubernur Jawa Barat (10,1 persen), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (7,5 persen). Menurut Dendik, tiga nama ini berpeluang membentuk poros politik ketiga.

Sementara masih ada juga nama-nama lainnya, seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini (4,7 persen), Ketua DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (4,2 persen), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (4 persen).

Kemudian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,6 persen), dan Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha (2,5 persen) menempati kelompok papan tengah hasil elektabilitas capres Pemilu 2024.

Sementara itu, untuk kelompok papan bawah diisi Ketua DPR RI Puan Maharani (1,5 persen), Menkopolhukam Mahfud Md (1,3 persen), Susi Pudjiastuti (1,2 persen), Ketua DPP Golkar Airlangga Hartarto (1,1 persen), dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (1 persen).

“Figur-figur dengan elektabilitas rendah berpeluang maju sebagai calon wakil presiden sebut saja Puan, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), dan Airlangga,” ucap Dendik di Jakarta, dikutip Opsi, Senin, 6 Desember 2021.

Tokoh-tokoh itu memiliki kekuatan politik yang cukup karena mereka berasal dari partai politik besar di Indonesia, yaitu PDIP, Partai Demokrat, dan Golkar.

Lembaga survei Polmatrix Indonesia pada 21-30 November 2021 menggelar survei terkait penilaian publik terhadap kinerja pemerintah, elektabilitas sejumlah tokoh yang diyakini maju jadi calon presiden pada Pemilihan Umum 2024, dan elektabilitas partai politik menjelang Pemilu 2024.

Survei melibatkan 2.000 responden yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2024. Ribuan responden itu tersebar di 34 provinsi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya