News Minggu, 03 Juli 2022 | 13:07

Inisiasi Program Jelajah Kota, Grab Indonesia Bantu Mitra Resto Tingkatkan Pendapatan

Lihat Foto Inisiasi Program Jelajah Kota, Grab Indonesia Bantu Mitra Resto Tingkatkan Pendapatan Ilustrasi industri kuliner. (Foto: laketoba.net)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Perusahaan teknologi transportasi Grab Indonesia menginisiasi program Jelajah Kota di 7 kota besar Indonesia demi mendukung mitra pengemudi maupun mitra merchant untuk memanfaatkan momen liburan sekolah di bulan Juni-Juli 2022.

Program ini, digelar di Bandung, Semarang, Yogyakarta, Palembang, Padang, Medan, dan Batam, demi membuka peluang bagi para individu maupun pelaku usaha, terutama yang bergerak di sektor transportasi dan kuliner, untuk meningkatkan penghasilan, setelah sebelumnya mengalami penurunan pendapatan yang sangat signifikan di periode pandemi.

Director of West Indonesia, Grab Indonesia, Richard Aditya mengatakan bahwa program Jelajah Kota dihadirkan bukan hanya untuk memungkinkan wisatawan untuk menghemat biaya perjalanan dengan memanfaatkan potongan harga, namun juga untuk membantu para mitra pengemudi dan mitra merchant Grab untuk meningkatkan pendapatannya, terutama di musim liburan atau peak season.

"Kami percaya bahwa dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk kembali menggairahkan sektor ini guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi di tanah air," kata Aditya, dikutip Opsi pada Minggu, 3 Juli 2022.

Berlangsung sejak 25 April hingga 17 Juli, Program Jelajah Kota menawarkan potongan harga hingga 50 persen untuk layanan GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabExpress, dan GrabJastip untuk seluruh kota, serta GrabMart di beberapa kota.

Sejak pertama diluncurkan, program ini telah menggaet lebih dari 20.000 mitra merchant dan lebih dari 80.000 mitra pengemudi untuk memenuhi tingginya permintaan pemesanan layanan di periode-periode krusial seperti momen liburan.

Salah satu cerita sukses datang dari mitra resto GrabFood, Deni Kuswara, Pemilik Kupat Tahu Gempol mengatakan bahwa selama liburan ini, penjualannya mengalami peningkatan yang signifikan hingga 50 persen.

"Yang mana sebagian besar berasal dari pemesanan melalui aplikasi Grab," tuturnya.

Merujuk pada data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan domestik mengalami peningkatan hingga 12 persen pada tahun 2021.

Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pun meningkat pesat hingga lebih dari 200 persen pada awal tahun ini.

Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), para wisatawan mancanegara ini cenderung memanfaatkan inovasi teknologi untuk mendukung aktivitas pariwisata mereka, termasuk layanan transportasi dan juga pengantaran makanan.

Melalui program ini, Grab juga menyelenggarakan kegiatan edukasi bagi anak-anak mitra pengemudi di Bandung dan Yogyakarta dengan mengajak anak-anak para mitra pengemudi untuk mengeksplorasi berbagai tempat wisata bersejarah di masing-masing kota untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air sejak dini.

Baca juga: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Didaulat Jadi Duta Grab Indonesia

Baca juga: Ancol Hadirkan Konser di Atas Kapal Arka Kinari di Masa Libur Sekolah 2022

Selain menghadirkan Program Jelajah Kota, Grab juga menyediakan kode promo GCHemat untuk pemesanan layanan GrabCar yang dapat digunakan hingga 10 Juli 2022 di Pekanbaru, Batam, dan Lampung untuk mendukung mobilitas masyarakat selama periode liburan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya