News Kamis, 09 Juni 2022 | 20:06

Jasad Eril Putra Ridwan Kamil akan Disucikan, Dikafani, Disalatkan, dan Dimakamkan

Lihat Foto Jasad Eril Putra Ridwan Kamil akan Disucikan, Dikafani, Disalatkan, dan Dimakamkan Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril). (foto: Twitter)>

Jakarta - Pihak keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman membenarkan mengenai penemuan jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril oleh Kepolisian Bern di Swiss.

Elpi berharap pertemuan pihak keluarga dengan jenazah Eril ini sudah dalam rida Allah.

"Pada hari ini alhamdulillah pihak KBRI Swiss menyampaikan informasi bahwa upaya pencarian telah bertemu pada takdir yang diharapkan, yaitu semoga pertemuan kita dengan Eril dalam yang Allah ridhoi," dalam keterangan resminya Kamis malam WIB, 9 Juni 2022. 

Baca jugaKronologi Ditemukannya Jasad Eril Putra Ridwan Kamil

Elpi menyebutkan, selanjutnya pihak keluarga akan berupaya menyempurnakan hak almarhum Eril selaku muslim.

"Di antaranya apabila dia wafat maka hendaklah dia diantarkan, disucikan, dikafani, disalatkan dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam," kata Elpi.

"Sejauh yang memungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan kondisinya," lanjutnya.

Namun, Elpi belum bisa memastikan kapan tiba di Indonesia bersama Eril.

"Tapi pada dasarnya akan dilakukan secepatnya, tergantung kondisi situasi, sumber daya yang mendukung," tuturnya.

Baca jugaRidwan Kamil Izin ke Swiss Lagi, Eril Ditemukan?

Dia mengharapkan bisa tiba di Indonesia pada Sabtu atau Minggu. 

"Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Berbagai pihak di Bern dan KBRI Swiss yang tidak henti-hentinya melaksanakan fungsi perlindungan warga negara Indonesia," kata Elpi.

Sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss Muliaman Darmansyah Hadad menyampaikan kronologi ditemukannya jasad putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril oleh polisi Swiss.

Menurut dia pada hari Rabu, 8 Juni 2022 waktu Swiss, kepolisian kantor Bern mendatangi KBRI Swiss untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah Ananda Eril.

"Pada sekitar jam 06.50 pagi waktu Swiss atau jam 11.50 WIB," kata Hadad dikutip dari siaran persnya, Kamis malam WIB, 9 Juni 2022.

Selanjutnya, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut adalah benar Ananda Eril.

"Pada Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah Ananda Eril," kata Hadad. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya