News Selasa, 08 Maret 2022 | 16:03

Jokowi Optimis Tahun 2022 Ini RI Ekspor 180 Ribu Mobil dari Patimban

Lihat Foto Jokowi Optimis Tahun 2022 Ini RI Ekspor 180 Ribu Mobil dari Patimban Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meninjau proses ekspor mobil ke sejumlah negara lewat Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Selasa, 8 Maret 2022.(dok. Agus Suparto)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimis Indonesia dapat mengekspor 180 ribu mobil sepanjang 2022 dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

"Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160 ribu, melihat progres 3 bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180 ribu mobil untuk ekspor," kata Presiden Jokowi di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Selasa, 8 Maret 2022.

Presiden Jokowi berada di Pelabuhan Patimban untuk meninjau pelepasan ekspor mobil ke sejumlah negara. Pelabuhan ini mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021 dan hingga 8 Maret 2022 ekspor kendaraan utuh (CBU) telah mencapai 24.000 unit.

"Pelabuhan Patimban sudah sejak Desember yang lalu, 3 bulan yang lalu, telah beroperasi dan saya senang setelah operasi, ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban terus bergerak," ujarnya.

Tujuan ekspor mobil-mobil tersebut adalah ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang, dan Vietnam.

"Saya kira ini awal, nanti akan dikembangkan ke negara-negara lain sehingga 1 bulan kurang lebih dari sini bisa diekspor 15 ribu mobil," katanya.

Dia berharap dengan meningkatnya ekspor juga dapat menggerakkan perekonomian Indonesia.

"Dan ini akan sangat bagus, artinya industri kita meski pandemi tetap bergerak terus, meski pandemi kita tetap ekspor terus dan kita harapkan ini akan ikut memberikan sumbangan kepada pertumbuhan ekonomi negara kita, dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," kata Presiden Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya