News Selasa, 30 November 2021 | 17:11

Jokowi Sebut Bendungan Tugu dan Gongseng untuk Mereduksi Banjir

Lihat Foto Jokowi Sebut Bendungan Tugu dan Gongseng untuk Mereduksi Banjir Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Tugu dan Gongseng. (foto: Twitter).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Jawa Timur untuk meresmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng, Selasa, 30 November 2021.

"Dua bendungan baru saya resmikan hari ini di Jawa Timur yakni Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro," katanya dikutip Opsi dari Twitter @jokowi, Selasa hari ini. 

Presiden menerangkan,  Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng  telah siap untuk dimanfaatkan untuk meningkatkan ketahanan pangan.

"Dan manfaat lain sebagai sumber air baku, dan mereduksi banjir," ujar dia.

Lebih lanjut Jokowi merinci, Bendungan Tugu memiliki kapasitas tampung hingga 12 juta m3 dan dapat mengairi 1.250 ha lahan. Sementara Bendungan Gongseng berdaya tampung 22 juta m3 dan diharapkan bisa mengairi lahan seluas 6.200 ha.

Setelah itu, Presiden Jokowi melakukan penanaman padi bersama para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi  bersama rombongan bertolak ke Provinsi Jawa Timur, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, pada Selasa pagi tadi melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya