News Rabu, 23 Februari 2022 | 12:02

Jokowi Tekankan Penanggulangan Bencana Berorientasi Pencegahan

Lihat Foto Jokowi Tekankan Penanggulangan Bencana Berorientasi Pencegahan Presiden Joko Widodo pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana di Istana Bogor, Rabu, 23 Februari 2022. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Tangerang - Upaya penanggulangan bencana harus berorientasi pada pencegahan. Bencana seperti gempa dan erupsi gunung api memang tidak dapat dicegah. Namun, ada kejadian bencana yang dapat dicegah, seperti banjir dan tanah longsor.

Hal itu ditegaskan Presiden Jokowi saat menyampaikan lima arahan kepada BNPB sebagai pilar penanggulangan bencana dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana di Istana Bogor, Rabu, 23 Februari 2022.

Presiden Jokowi mencontohkan upaya penghijauan dan penanaman vegetasi untuk pencegahan banjir dan tanah longsor.

Baca juga: BMKG Prakirakan Hujan Lebat Disertai Petir Landa Jakarta dan Jawa Barat

“Di beberapa daerah ini dilakukan, di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, agar penanaman vetiver lebih digalakkan,” pesannya.

Upaya tersebut harus dilakukan secara sinergi antara BNPB dan kementerian-lembaga, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat.

Selain, Presiden meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diharapkan untuk terus berbenah diri dengan budaya kerja dengan nilai-nilai berkualitas.

“Budaya kerja BNPB harus siaga, antisipatif, responsif dan adatif,” ujarnya.
Ini dilatarbelakangi bencana yang dapat terjadi setiap saat dan tidak terduga kekuatannya. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko bencana. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya