News Minggu, 26 Juni 2022 | 23:06

Jokowi Terbang ke Rusia dan Ukraina, Maruf Amin Jalankan Roda Pemerintahan

Lihat Foto Jokowi Terbang ke Rusia dan Ukraina, Maruf Amin Jalankan Roda Pemerintahan Presiden Jokowi dan Iriana memulai rangkaian kunjungan kerja ke luar negeri, Minggu, 26 Juni 2022. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Presiden Jokowi ditemani Iriana melakukan kunjungan luar negeri ke empat negara, yakni Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab, pada Minggu, 26 Juni 2022. 

Presiden terlebih dahulu mengunjungi Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 sebelum kemudian memulai misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia.

Jokowi dalam keterangannya sebelum terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyebut, setelah dari Jerman akan bertemu dengan Presiden Ukraina Zelensky. 

Misinya adalah mengajak Presiden Zelensky untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian.

Membangun perdamaian, karena memang perang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali.

Baca juga:

Kawal Jokowi ke Ukraina, Paspampres Siapkan Amunisi Tak Terbatas

Selepas dari Ukraina, Presiden Jokowi akan menuju Rusia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. 

Jokowi mengusung misi perdamaian yang sama dan akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan menghentikan perang.

“Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” katanya.

Dari Rusia, Presiden Jokowi kemudian akan berkunjung ke Persatuan Emirat Arab untuk melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi kedua negara.

Jokowi memandang penting kunjungan ini, bukan hanya untuk Indonesia, melainkan juga untuk negara-negara berkembang lain.

Presiden Jokowi memastikan bahwa selama ia melakukan lawatan ke luar negeri, roda pemerintahan dijalankan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya