News Selasa, 12 September 2023 | 16:09

Jokowi Tinjau Pembangunan Industri Petrokimia Cilegon Bernilai Rp 60 Triliun

Lihat Foto Jokowi Tinjau Pembangunan Industri Petrokimia Cilegon Bernilai Rp 60 Triliun Presiden Jokowi di lokasi pembangunan PT Lotte Chemical Indonesia (LCI), Kota Cilegon. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pembangunan area industri PT Lotte Chemical Indonesia (LCI), Kota Cilegon, Provinsi Banten, sudah mencapai 73 persen.

Dibangun sejak 2022, diperkirakan tuntas pada tahun 2025 mendatang. Presiden Jokowi meninjau pembangunan area industri senilai Rp 60 triliun tersebut pada Selasa, 12 September 2023. 

“Proyek ini sudah dimulai tahun 2020 dan akan selesai nanti di 2025. Progresnya sudah sangat bagus, sudah selesai 73 persen dan menyangkut investasi yang sangat besar kira-kira Rp 60-an triliun, USD 3,9 billion, Rp 60 triliun,” kata Jokowi selepas meninjau lokasi.

Nantinya setelah selesai pembangunan, pabrik tersebut akan menghasilkan banyak produk. Hasil produk-produk tersebut juga akan digunakan untuk substitusi impor dan untuk ekspor.

Seperti ethylene, polypropylene, benzene, dan lain-lain ada 17 produk yang dihasilkan. 

"Yang sangat senang ini akan menjadi substitusi impor, 70 persen untuk lokal, dan 30 persen untuk ekspor,” ucap Presiden.

BACA JUGA: Jokowi Dorong Hilirisasi Industri di Forum KTT ASEAN

Produk yang dipakai untuk di dalam negeri itu menjadi substitusi dari barang-barang impor petrokimia.

"Semuanya baik saya kira industri-industri ini yang kita butuhkan,” katanya.

Di lokasi Jokowi melihat sejumlah area pembangunan, seperti area produksi, tangki penampungan produk akhir, hingga fasilitas pendukung seperti dermaga.

Ikut menemani Jokowi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Lee Sang-Deok, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, dan Presiden Direktur PT Lotte Chemical Indonesia Yim Dong Hee. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya