News Selasa, 14 Juni 2022 | 12:06

Junimart Girsang soal Ikan Mujair: Amangoi Tabonai

Lihat Foto Junimart Girsang soal Ikan Mujair: Amangoi Tabonai Junimart Girsang. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Politisi PDI Perjuangan Dr Junimart Girsang ikut nimbrung dalam hiruk pikuk soal ikan Mujair yang ramai karena disebut ikan hama oleh Leo Situmorang.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menyebut, dirinya dan keluarga mengkonsumsi ikan Mujair bahkan sampai saat ini. 

"Aku dan abang adekku sedari kecil penggemar dekke jair sampai saat ini. Super nikmat dan bergizi tinggi sebagai lauk yang sehat," ungkap Junimart terlihat di akun Instagram Hotman Paris Hutapea dan Facebook Junimart Girsang, Senin, 13 Juni 2022.

Junimart menyebut, ikan Mujair yang disebutnya dekke jair dalam bahasa Batak, biasanya digoreng maupun diarsik dan ditombur.

"Digoreng kering maupun diarsik dan ditombur, amangoi tabonai (waduh enak sekali). Teringat lagu dekke jahir yang sudah go internasional," tulis politisi putra Kabupaten Dairi, Sumatra Utara itu.

Hotman pun memberi caption atas pengakuan Junimart tersebut. Kata dia, Batak yang DPR mulai angkat bicara.

"Dia top kaya dan ngaku sering makan ikan mujair! Yang sana ngaku kaya dan ngaku bukan anak kampung! Kata pihak sana mujair itu hama dan hanya dimakan orang kampung," tulis Hotman diduga menyindir Leo Situmorang.

Kisruh soal ikan Mujair ini bermula dari ucapan Leo Situmorang yang menyebut ikan yang biasa ditemukan di air tawar termasuk di Kawasan Danau Toba tersebut sebagai ikan hama.

Baca juga:

Muasal Ikan Mujair dan Leo Situmorang Berisik dengan Tuduhan Hama

Leo mengatakan itu diduga untuk menyudutkan Hotman Paris Hutapea. Karena menurut Hotma Sitompul, seorang pengacara, menyebut Hotman Paris sejak kecil makan ikan Mujair.

Ucapan Leo viral di media sosial dan memantik reaksi publik terutama orang Batak di perantauan maupun yang berada di kampung.

Banyak yang tersinggung dengan ucapan Leo yang dinilai ngasal dan tidak bijak. Warganet kemudian membully pria tambun yang dikenal sebagai Ketua Umum Forum Batak Intelektual tersebut.

Ditombur

Apa maksud dari Junimart ikan Mujair ditombur?

Ikan yang ditombur atau natinombur merupakan salah satu makan khas Batak Toba.

Rasa dari ikan natinombur sangat enak. Karena sangat menggigit di lidah. 

Memasak ikan natinombur cukup mudah. Biasanya ikan yang ditombur adalah ikan mas, ikan mujair, ikan nila atau ikan lele. 

Proses awalnya ikan pertama sekali dipanggang. Kemudian dibumbui dengan resep khusus, yaitu resep natinombur atau sering disebut dengan tombur Batak. 

Salah satu bumbu yang dimasukkan adalah rempah khas andaliman yang mangittir (bergetar) di lidah. []

 

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya