News Rabu, 30 Maret 2022 | 06:03

Kalahkan Macedonia Utara di Laga Playoff, Portugal Lolos ke Piala Dunia Qatar 2022

Lihat Foto Kalahkan Macedonia Utara di Laga Playoff, Portugal Lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 Bruno Fernandes memborong dua gol kemenangan Portugal atas Macedonia Utara. (Foto: Twitter/@selecaoportugal)
Editor: Rio Anthony

Porto - Portugal akhirnya memastikan diri lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 usai mengalahkan Macedonia Utara 2-0 di laga playoff kualifikasi.

Dua dua negara tersaji di Estadio Do Dragao, Rabu 30 Maret 2022 dini hari WIB. Bruno Fernandes menjadi bintang kemenangan setelah memborong dua gol Selecao das Quinas, yang dicetak di babak pertama dan kedua.

Pada menit keenam Nuno Mendes mendapatkan ruang untuk melepaskan crossing dari sayap kiri. Namun, bola cuma bergulir di depan gawang Makedonia Utara tanpa pemain Portugal lain yang menyambut.

Peluang pertama Portugal terbuang sia-sia. Ronaldo menerima umpan terobosan dari Otavio lalu menyelinap di garis pertahanan lawan. Sayangnya, sepakan kaki kiri Ronaldo ke arah tiang jauh masih melebar tipis.

Dominasi Portugal akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Di menit ke-32, Bruno Fernandes membawa Portugal memimpin 1-0 atas Makedonia Utara.

Fernandes memotong bola umpan Stefan Ristovski, lalu melepaskan operan kepada Ronaldo. Di depan kotak penalti, Ronaldo memilih menyodorkan bola kepada Fernandes yang dituntaskan dengan sepakan mendatar.

Jelang turun minum, Portugal mengancam gawang Makedonia Utara. Sebuah umpan panjang dari belakang menemui Ronaldo di sisi kiri kotak penalti.

Ronaldo gagal mengontrol bola dengan baik sehingga membentur lini pertahanan lawan, Diogo Jota mencecar bola tapi tembakannya cuma bersarang di sisi luar gawang.

Portugal membuat peluang lain setelah turun minum. Tembakan jarak jauh Bruno Fernandes berhasil ditangkap Dimitrievski.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu Portugal akhirnya terlahir di menit ke-65. Bruno Fernandes kembali mencetak gol untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Fernandes menyelesaikan umpan silang Diogo Jota dari sayap kiri dengan tendangan first-time di tengah kotak penalti.

Portugal nyaris menciptakan gol ketiganya di menit ke-79. Bruno Fernandes berlari ke depan sebelum mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti. Beruntung bek Makedonia Utara bisa membelokkan bola.

Hingga akhir pertandingan skor 2-0 untuk keunggulan Portugal bertahan sampai laga selesai sekaligus lolos ke Qatar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya