News Kamis, 16 Desember 2021 | 19:12

Kapolri Sigit: Omicron Ini Lima Kali Lebih Cepat Penularannya

Lihat Foto Kapolri Sigit: Omicron Ini Lima Kali Lebih Cepat Penularannya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menutup Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri 2021 pada momentum Hari HAM Sedunia, di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Desember2021.(Foto:Opsi/Instagram @kepalakepolisian_ri)

Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajarannya untuk mewaspadai penyebaran Omicron, varian baru Covid-19, dengan mempercepat vaksinasi dan memperketat protokol kesehatan.

"Tentunya kita harus lebih waspada tetap patuhi protokol kesehatan karena Omicron ini lima kali lebih cepat penularannya," kata Kapolri Sigit di Polda Gorontalo, Kamis, 16 Desember 2021.

Sigit mengatakan masuknya Omicron ke Indonesia sudah diumumkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Untuk itu, upaya-upaya pencegahan agar varian baru Covid-19 tersebut tidak semakin menyebar, salah satunya dengan mempercepat vaksinasi agar kekebalan komunal masyarakat terbentuk.

Jenderal Sigit mengkritisi cakupan vaksinasi yang belum merata di sejumlah daerah, ada yang sudah mencapai 90 sampai 100 persen, tapi ada juga daerah yang cakupan vaksinasi Covid-19 belum mencapai 70 persen, sehingga diperlukan akselerasi.

"Akselerasi vaksinasi harus dilakukan terutama daerah yang vaksinasinya masih di bawah. Ini menjadi tugas kita semua mencapai dan mengejar ketertinggalan ini dan mempertahankan pencapaian yang sudah didapat," ucapnya. 

Mantan Kabareskrim Polri itu menyebutkan, Presiden Jokowi telah menugaskan Polri untuk mengejar target cakupan vaksinasi 70 persen hingga akhir Desember 2021.

Untuk mewujudkan hal itu, kata Kapolri Sigit, diperlukan strategi, serta kolaborasi semua pihak terkait, Polri-TNI, pemerintah daerah, relawan dan elemen masyarakat. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya