News Senin, 14 Februari 2022 | 21:02

Kasus di 6 Provinsi Melampaui Delta, Menkes: Jakarta dan Bali Agak Tinggi

Lihat Foto Kasus di 6 Provinsi Melampaui Delta, Menkes: Jakarta dan Bali Agak Tinggi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut ada enam provinsi yang mengalami kenaikan kasus Corona melampaui puncak gelombang varian Delta.

"Ada 6 provinsi yang sudah melampaui kasus Delta dan 37 kabupaten/kota yang juga sudah melampaui puncak Delta. Enam provinsi tersebut adalah DKI, Banten, Jabar, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Papua," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Senin, 14 Februari 2022.

Dia menjelaskan, keterisian tempat tidur di rumah sakit daerah mengalami kenaikan. Namun, hanya ada 30 persen yang berasal dari puncak varian Delta.

"Semua provinsi yang sudah melampaui puncak Delta kasusnya itu rumah sakitnya sekitar 30 persen dari puncak Delta. Ada 2 yang agak tinggi, yaitu Jakarta dan Bali, tapi trennya Jakarta dan Bali sekarang, khususnya Jakarta itu sudah melandai kan kemungkinan segera turun," tuturnya.

Lebih lanjut, dia memprediksi bahwa setelah Banten hingga Bali mengalami puncak Omicron, kenaikan kasus corona ini akan bergeser ke Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga ke luar Jawa.

"Saya rasa nanti Banten, Jabar, Bali ini sudah mendekati puncak dan baru nanti akan bergeser ke provinsi-provinsi seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogja dan di luar Jawa," ucap Menkes Budi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya