Daerah Jum'at, 17 Desember 2021 | 10:12

Kecewa! Pelantikan Kades Terpilih Tapanuli Utara Diundur

Lihat Foto Kecewa! Pelantikan Kades Terpilih Tapanuli Utara Diundur Donny Simamora, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Tapanuli Utara Taput. (foto: ist).

Tarutung - Pelantikan ratusan calon kepala desa (Kades) terpilih Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara diundur satu hari, setelah sebelumnya direncanakan pada hari Selasa, 21 Desember 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Tapanuli Utara Taput, Donny Simamora mengatakan pelantikan Kades akan digelar esoknya Rabu, 22 Desember 2021, karena ada faktor gelar pemungutan suara ulang di tiga desa.

"Diundurkan jadi tanggal 22 Desember 2021," tulis Donny melalui pesan singkatnya diterima Opsi di Taput, Kamis, 16 Desember 2021.

Disinggung jumlah Kepala Desa terpilih yang akan dilantik resmi di pelataran Salib Kasih Siatas Barita, hingga kini belum bisa dipastikan karena alasan sejumlah desa lakukan pemungutan suara ulang (PSU) pada Senin, 20 Desember 2021.

Tiga desa yang akan melaksanakan PSU, yakni Desa Parbubu II Kecamatan Tarutung, Desa Sibandang Kecamatan Muara, dan Desa Dolok Saribu Kecamatan Pagaran.

Sebelumnya, kata Donny, 10 calon kepala desa telah menyampaikan keberatannya, yakni Desa Parbubu 2 Kecamatan Tarutung, Desa Hutajulu, dan Desa Batuarimo Kecamatan Parmonangan, Desa Tapian Nauli 1 Kecamatan Sipahutar, Desa Pohan Julu Kecamatan Siborongborong, Desa Sibandang Kecamatan Muara.

Lalu Desa Banualuhu, Dolok Saribu, dan Desa Simamora Hasibuan Kecamatan Pagaran, kemudian Desa Parsaoran Nainggolan Kecamata Pahae Jae.

"Semoga pada gelaran PSU tiga desa berjalan lancar tanpa hambatan, semoga pelantikan 200 kades akan digelar pada Rabu, 22 Desember 2021," kata Donny.

Kecewa

Sementara salah satu keluarga Kades terpilih di Sipoholon sudah telanjur mengundang sanak keluarga untuk menghadiri acara syukuran pelantikan itu yang akan digelar pada Selasa, 21 Desember 2021.

"Perubahan jadwal pelantikan sudah kami info kembali kepada ratusan keluarga pendukung. Semoga tidak diundur lagi hindari kekecewaan serupa," kata P Hutauruk. [] 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya