Daerah Rabu, 06 April 2022 | 19:04

Kepada Kejati Aceh, Bupati Abdya: Pemkab dan Kejaksaan Solid

Lihat Foto Kepada Kejati Aceh, Bupati Abdya: Pemkab dan Kejaksaan Solid Bupati Akmal Ibrahim di pendopo Bupati Abdya, di Blangpidie, Rabu, 6 April 2022. (foto: Opsi/Syamsurizal).

Aceh Barat Daya - Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim berkata, hubungan kerja antara Kejaksaan Negeri (Kejari) Abdya dengan pemerintah sangat baik. ASN di Abdya, kata Akmal, tidak sungkan melakukan koordinasi dalam sebuah kebijakan.

Hal ini dikatakan Akmal saat menerima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Aceh, Bambang Bachtiar di pendopo Bupati Abdya, di Blangpidie, Rabu, 6 April 2022.

"Pemkab dan Kejaksaan bekerja sama dengan baik. Kita berkonsultasi dengan pihak Kejaksaan untuk sebuah kebijakan dalam kegiatan strategis. Tentu itu penting, membangun komunikasi dan konsultasi dengan baik," kata Akmal.

Sementara, Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh mengaku kagum dengan Bupati Abdya. Menurutnya, Akmal adalah bupati yang multitalenta.

Sebab, kala berbicara hukum pun Akmal nyambung, karena merupakan Sarjana Hukum (SH).

"Bicara tani nyambung, bicara media beliau mantan wartawan," kata Bambang Bachtiar.

Dia berujar, setelah dilantik 3 Maret 2022 lalu, dirinya baru beberapa waktu ini mulai melakukan kunjungan kerja di Aceh. Kunker ini dimaksudkan untuk melihat langsung kondisi faktual Kejari di seluruh Aceh.

"Kami mengharapkan terjalin komunikasi yang baik antara Pemkab dan Kejaksaan," ucapnya.

Lebih lanjut disebutnya, pendeteksian dini, memberikan pengawalan terhadap kegiatan-kegiatan strategis mulai dari awal, pertengahan, hingga akhir perlu dilakukan untuk pencegahan.

Menurutnya, lebih baik mencegah. Sebab, kejaksaan punya kewajiban memberikan pendampingan hukum, agar tidak ada keraguan dalam pelaksanaan sebuah kegiatan oleh pemerintah.

"Saya pesan kepada para Kejari, jangan mengintervensi terkait pengadaan barang. Tidak ada jaksa minta-minta proyek. Ini perintah presiden," ucapnya memungkasi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya