Daerah Minggu, 28 November 2021 | 10:11

Kolaborasi Inalum dan HKBP untuk Budidaya Kentang di Jetun Silangit, Sumut

Lihat Foto Kolaborasi Inalum dan HKBP untuk Budidaya Kentang di Jetun Silangit, Sumut VPCSR & PKBL PLTA Inalum, Zainuddin Iqbal Sidabutar menyerahkan bantuan ke gereja HKBP di Jetun

Silangit - PT Inalum (Persero) menyerahkan bantuan bibit kentang untuk lahan seluas satu hektar kepada gereja HKBP di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut).

Itu merupakan bentuk dukungan perusahaan pada program budidaya yang dilakukan oleh HKBP sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Program budidaya kentang tersebut adalah hasil kerja sama antara HKBP dengan UEM (United Evangelical Mission) dan PT Inalum (Persero) untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong gereja sebagai daerah hijau.

Vice President CSR & PKBL PLTA Inalum  Zainuddin Iqbal Sidabutar  berharap dengan adanya penanaman pohon dan bibit kentang ini menjadi berkat dan akan memberi kehidupan bagi gereja dan masyarakat sekitar, serta terjalinnya hubungan yang baik antara PT Inalum (Persero) dengan HKBP.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh PT Inalum (Persero) di sekitar kawasan Danau Toba. Bibit kentang ini kita datangkan langsung dari Bandung. Semoga bibit kentang ini bisa tumbuh dengan baik dan hasil panennya dapat menjadi berkat dan memberi kehidupan bagi gereja HKBP dan masyarakat sekitar," kata  Iqbal dalam siaran pers diterima Minggu, 28 November 2021.

"Mohon doanya dari Ompu Ephorus, amang dan inang pendeta serta jemaat HKBP  agar operasional PT Inalum (Persero) berjalan aman dan lancar," ujar dia lagi.

Sedangkan, Robinson Butarbutar, Ompu Ephorus HKBP, mewakili gereja dan jemaat HKBP menyambut baik kegiatan itu dan mengucapkan terimakasih kepada PT Inalum (Persero) atas bantuan yang diberikan.

"Saya berterimakasih kepada PT Inalum (Persero) atas bantuannya, pimpinan HKBP Jetun, dan pihak-pihak lain yang menyempatkan waktu untuk menanam pohon dan bibit kentang hari ini. Ini tampaknya kecil tapi jika serius melakukannya, akan memberikan dampak yang besar pada lingkungan," ucapnya.

"Kalau kita berhasil membuat tempat ini hijau, tanaman berbuah maka akan menginspirasi gereja yang lain. Pesan saya hanya satu, jangan hanya menanam tetapi tidak dirawat, ini juga sebagai bentuk tanggungjawab kita kepada Inalum," kata dia menambahkan.

"Jika budidaya ini berhasil dilakukan, maka perkampungan pemuda HKBP Jetun ini akan dijadikan sebagai pusat spiritualitas, pusat pelatihan, agrowisata secara khusus bagi muda-mudi dan masyarakat luas," ujar Robinson lagi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya