News Senin, 26 Desember 2022 | 10:12

Kylian Mbappe dan Lionel Messi Kandidat Kuat Peraih Pemain Terbaik Piala Dunia 2022

Lihat Foto Kylian Mbappe dan Lionel Messi Kandidat Kuat Peraih Pemain Terbaik Piala Dunia 2022 Lionel Messi dan Kylian Mbappe. (Foto: PSG)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Kylian Mbappe dan Lionel Messi disebut sebagai kandidat terkuat pemenang Pemain Terbaik FIFA 2022.

Pemain Terbaik FIFA atau The Best FIFA Men`s Player merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemain terbaik dunia versi FIFA. 

Pada periode 1991-2009 penghargaan ini disebut FIFA World Player of the Year. FIFA kemudian bekerja sama dengan majalah France Football yang memegang lisensi Ballon d`Or pada periode 2010-2016 untuk membuat penghargaan FIFA Ballon d`Or. 

Setelah kerja sama enam tahun dengan majalah France Football usai, FIFA kembali mengadakan penghargaan mereka sendiri, kali ini dinamakan The Best FIFA Men`s Player.

Sudah ada empat pemain yang pernah diberi penghargaan ini, yaitu Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, Lionel Messi, dan Luka Modric.

Ronaldo dan Lewandowski sudah mengoleksi dua penghargaan ini, sedangkan Lionel Messi dan Luka Modric masing-masing hanya memiliki satu gelar.

Pemenang Pemain Terbaik FIFA untuk edisi tahun 2022 akan diumumkan tahun depan. Menurut bocoran FIFA dikutip dari Gulf Times, Messi dan Mbappe disebut sebagai kandidat terkuat peraih penghargaan ini.

Kedua pemain tersebut memang menampilkan performa yang sangat baik musim ini. Messi berhasil membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 dan menjadi pemain terbaik dalam turnamen itu.

Mbappe juga tampil memukau dengan membawa Perancis ke Final Piala Dunia 2022 dan menjadi top scorer dengan torehan delapan gol.

"Para pemain dan pelatih sudah tahu Piala Dunia jadi parameternya," ujar sumber FIFA.

"Final bukan hanya Argentina vs Prancis, tapi juga Messi versus Mbappe - dan keduanya memenuhi ekspektasi itu. Maka sudah dipastikan pemenang adalah salah satu dari mereka."

Pemain lain yang juga disebut berpeluang meraih gelar tersebut adalah Luka Modric. Modric berhasil membawa Kroasia menempati peringkat tiga pada Piala Dunia 2022. Ia juga berhasil menjuarai LaLiga dan Liga Champions.

Sementara itu, gelar pelatih terbaik akan diperebutkan oleh pelatih Argentina Lionel Scaloni, pelatih Maroko Walid Regragui dan pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti.

Sedangkan untuk penghargaan penjaga gawang terbaik akan diperebutkan oleh Dominik Livakovic, Emilian Martinez, Thibaut Courtois, Alisson Becker, Manuel Neuer, dan Hugo Lloris.

Pemenang penghargaan ini akan diumumkan pada 27 Februari 2023 mendatang. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya