News Senin, 20 Desember 2021 | 15:12

Malaysia Dibantai Indonesia 1-4, Khairul Fahmi Jadi Sorotan

Lihat Foto Malaysia Dibantai Indonesia 1-4, Khairul Fahmi Jadi Sorotan Penjaga gawang Tim Nasional Malaysia Khairul Fahmi. (Foto: dok. FA Malaysia)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Penjaga gawang Tim Nasional Malaysia Khairul Fahmi menjadi sorotan warganet usai kebobolan 4 gol dari Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF pada Minggu malam, 19 Desember 2021. Skor akhir 1-4 membawa skuad Garuda Muda lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia sebelumnya tertinggal terlebih dahulu oleh Timnas Malaysia melalui gol Kogileswaran Raj di menit 13. Namun setelahnya, Khairul Fahmi justru dipaksa memungut bola sebanyak empat kali dari gawangnya sendiri.

Timnas Indonesia berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak 4 gol yang masing-masing dicatat oleh Irfan Jaya (36`, 43`), Pratama Arhan (50`), dan Elkan Baggot (82`).

Atas hasil ini, Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala AFF dengan menjadi juara Grup B. Skuad Garuda selanjutnya akan melawan tuan rumah Singapura di semifinal Piala AFF 2021, Rabu 22 Desember 2021 mendatang.

Khairul Fahmi sendiri merupakan penjaga gawang senior di Timnas Malaysia yang dibawa ke Piala AFF 2020. Sebelumnya, ia juga pernah tampil saat negaranya berlaga melawan Timnas Indonesia di gelaran serupa sekitar 11 tahun silam.

Pada tahun 2010, Khairul Fahmi dianugerahi dua penghargaan dari Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), yakni sebagai penjaga gawang terbaik dan pemain muda terbaik.

Di tahun yang sama, kiper kelahiran Kota Bharu, 7 Januari 1989 itu juga merumput membela negaranya di Piala AFF dan sukses menahan tendangan pinalti dari Firman Utina dari Timnas Indonesia.

Kala itu, di partai final Timnas Malaysia berjaya dengan menang agregat 4-2 atas Timnas Indonesia dan sukses menjadi juara Piala AFF. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya