News Rabu, 12 Januari 2022 | 15:01

Masuk Pengurus PBNU, Apa Hubungan Habib Zein bin Umar bin Smith dengan Habib Bahar Smith?

Lihat Foto Masuk Pengurus PBNU, Apa Hubungan Habib Zein bin Umar bin Smith dengan Habib Bahar Smith? Habib Zein bin Umar bin Smith. (foto: ist).

Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027 telah terbentuk. Ada nama Habib Zein bin Umar bin Smith masuk salah satu jajaran Mustasyar atau dewan penasihat syuriah. Apakah sosok tersebut memang memiliki hubungan dengan Habib Bahar bin Smith?

Dalam penelusuran Opsi, Habib Zein bin Umar bin Smith tak ada keterkaitan langsung dengan Habib Bahar bin Smith.

Diketahui, ayah dari Habib Bahar bin Smith adalah Ali bin Smith. Sementara ibunya adalah Isnawati Ali.

Sementara Habib Zein bin Umar bin Smith sempat menjadi Ketua Umum Rabithah Alawiyah.

Rabithah Alawiyah merupakan organisasi pencatat keturunan Nabi Muhammad, mendata ada 151 marga segaris keturunan Nabi yang masih ada di dunia, termasuk Indonesia.

Pada Januari tahun 2021, Habib Zein bin Umar bin Smith pernah berjumpa dengan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, di kantor DPP Rabithah Alawiyah, Jakarta Selatan, Sabtu, 30 Januari 2021.

Saat itu Habib Zein bin Umar bin Smith menyampaikan pernyataan resmi setelah menerima kunjungan Kapolri. Dia mengatakan bahwa kedatangan Jenderal Sigit bertujuan untuk menjalin silaturahmi yang sempat terputus di era Idham Azis.

"Alhamdulillah hari ini ada pertemuan silaturahmi dari Kapolri yang baru pak Sigit, yang merupakan suatu kehormatan bagi Rabithah, di mana beliau melanjutkan beberapa waktu yang lalu kunjungan terakhir dari Kapolri terakhir yang berkunjung ke sini itu jaman pak Tito. Setelah itu terputus, baru beliau (Listyo) menyambung kembali," ujar Habib Zein.

Habib Zein melanjutkan, dengan adanya kembali silaturahmi, maka komunikasi antara Polri dengan Rabithah Alawiyah akan berjalan dengan lancar.

"Karena dengan adanya ketersambungan ini tidak ada lagi komunikasi-komunikasi yang tersumbat di antara para ulama, habaib dengan Polri," ucap Habib Zein.

Kini beberapa pengurus PBNU sudah masuk dalam struktur salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia ini.

Beberapa nama yang masuk di jajaran Mustasyar PBNU, yakni KH Mustofa Bisri, Prof Dr KH Maruf Amin, dan Said Aqil Siradj hingga Habib Zein bin Umar bin Smith. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya