News Senin, 28 Oktober 2024 | 19:10

Menjaga Warisan Kepanduan, Kwarnas Gelar Bimtek Penulisan Sejarah Pramuka

Lihat Foto Menjaga Warisan Kepanduan, Kwarnas Gelar Bimtek Penulisan Sejarah Pramuka Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso (Buwas) buka (Bimtek) Penulisan Buku Sejarah Kepanduan, Senin, 28 Oktober 2024

Jakarta – Gerakan Pramuka terus menguatkan literasi sejarahnya melalui program Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Buku Sejarah Kepanduan, yang secara resmi dibuka Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso (Buwas), Senin (28/10/2024) di Cibubur, Jakarta Timur.

Bimtek ini ditujukan untuk melatih para calon penulis sejarah Pramuka dari berbagai Kwartir Daerah di Indonesia, dengan harapan agar sejarah Pramuka dapat dihimpun lebih komprehensif.

Dalam sambutannya, Buwas menekankan pentingnya Pramuka sebagai investasi pendidikan karakter bangsa yang tak hanya bertugas membina generasi muda, tetapi juga melestarikan jejak sejarah Pramuka di seluruh Nusantara.

"Pramuka sebagai investasi pendidikan karakter untuk negara, sangat perlu menulis sejarah bagaimana Pramuka berdiri di daerah-daerah seluruh Indonesia. Ini bukan hanya untuk penguatan literasi, tetapi untuk mencatat warisan sejarah yang akan dibawa ke masa depan," ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Buwas menambahkan bahwa Bimtek ini merupakan langkah strategis yang membuka jalan bagi lahirnya penulis-penulis yang mampu merangkai sejarah Gerakan Pramuka.

“Diharapkan kegiatan ini melahirkan para penulis Pramuka yang dapat menyusun sejarah Gerakan Pramuka secara komprehensif. Kami juga akan bekerja sama dengan lembaga strategis, termasuk perpustakaan, arsip, museum, dan lembaga pendidikan,” ujarnya.

Bimtek yang akan berlangsung dari 28 hingga 30 Oktober 2024 di Taman Rekreasi Widya Mandala Krida Bakti Pramuka (Wiladatika) Cibubur ini diikuti oleh 60 peserta dari berbagai Kwartir Daerah.

Peserta merupakan anggota dewasa Pramuka yang akan dibekali ilmu penulisan sejarah, riset dokumentasi, hingga teknik arsip.

Hadir dalam acara pembukaan, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Humas Mayjen TNI Mar (Purn) Yuniar Lutfi, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Bina Muda Dr. Sigit, serta Kepala Puslitbang Kwarnas Ir. H. Djufri.

Kehadiran sejumlah tokoh Kwarnas ini menegaskan keseriusan Gerakan Pramuka dalam mengukir sejarah yang akurat dan dapat menjadi bahan acuan bagi generasi mendatang.

Dengan semangat baru ini, diharapkan sejarah Pramuka dapat terdokumentasikan dengan lebih baik, memberikan inspirasi bagi generasi muda, dan meneguhkan kembali peran Pramuka sebagai penjaga nilai-nilai luhur bangsa di masa yang terus berubah.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya