News Rabu, 29 Desember 2021 | 11:12

Menkominfo Ungkap 4 Strategi Cegah dan Tangani Omicron

Lihat Foto Menkominfo Ungkap 4 Strategi Cegah dan Tangani Omicron Menkominfo Johnny G Plate. (foto: ist).

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan, pemerintah menerapkan empat strategi untuk menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron di dalam negeri.

Empat strategi itu, yakni memperketat protokol kesehatan atau 3M, surveilans (tes, lacak, isolasi), vaksinasi, dan perawatan.

Skenario lain, kata Johnny, disiapkan dengan memperketat karantina pelaku perjalanan, mengingat 98 persen kasus Omicron di Indonesia dibawa dari pelaku perjalanan internasional.

Menurutnya, pemerintah juga telah mempersiapkan lokasi karantina terpusat di Jakarta, Surabaya, Batam, dan Entikong.

Selain itu, pemerintah juga menambah jumlah peralatan tes PCR untuk mengidentifikasi varian Omicron.

"Peralatan tes disebarkan ke seluruh pintu-pintu masuk utama dari luar negeri, sehingga lebih cepat mengidentifikasi Omicron," katanya kepada wartawan di Jakarta, dikutip Opsi, Rabu, 29 Desember 2021.

Menurutnya, pemerintah juga memperbanyak peralatan genome sequencing untuk mempercepat dan memperluas jaringan tes tersebut di luar Jawa. Pemerintah juga terus mempercepat dan memperluas vaksinasi nasional, terutama bagi kelompok masyarakat yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

"Fasilitas kesehatan dan rumah sakit berikut dengan tempat tidur, obat-obatan, oksigen sudah dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan adanya lonjakan kasus," ujar Johnny G Plate. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya