News Sabtu, 16 April 2022 | 00:04

MUI Sulsel Respons Video Viral Jemaah Kumandangkan Indonesia Raya Sebelum Tarawih

Lihat Foto MUI Sulsel Respons Video Viral Jemaah Kumandangkan Indonesia Raya Sebelum Tarawih Video viral imam masjid nyanyikan Indonesia Raya sebelum salat tarawih. (foto: Twitter).

Jakarta - Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) KH Muammar Bakry angkat bicara perihal viralnya video sejumlah jemaah masjid mengumandangkan lagu Indonesia Raya sebelum melaksanakan salat tarawih.

Bakry menekankan, agama maupun negara masing-masing memiliki nilai kesakralan tersendiri dan harus ditempatkan pada proporsi yang semestinya.

“Sebaiknya kegiatan seperti ini tidak perlu dilakukan agar tidak terkesan melecehkan agama maupun bangsa,” kata dia melalui keterangan resminya di Makassar, Jumat, 15 April 2022, dikutip dari JPNN.

Baca jugaVideo Jemaah Nyanyikan Indonesia Raya Sebelum Salat Tarawih Ramai di Twitter

Dia menjelaskan, syiar agama yang ditolerir dilaksanakan adalah yang tidak bertentangan dengan syariah dan akal sehat mainstream umat Islam, seperti ceramah agama sebelum tarawih, zikir wirid dan sejenisnya.

Namun, pihaknya mengimbau kepada umat muslim agar menyikapi masalah tersebut dengan bijak.

Sebab, bisa jadi ada oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan situasi ini untuk menjatuhkan golongan tertentu.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan jemaah masjid beramai-ramai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum melakukan salat tarawih menggegerkan lini masa Twitter pada Rabu, 13 April 2022.

Berdasarkan pantauan Opsi.id, video itu nampak dibagikan oleh akun Twitter @antros21.

"Menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum sholat taraweh," tulis Rudi Antros21 dalam caption video berdurasi 45 detik tersebut.

Dalam video yang diunggah Rudi Antros21 pada Rabu petang kemarin, memperlihatkan jemaah memadati masjid dua lantai tersebut.

Sang imam yang menggunakan jubah dan kopiah putih itu tampak memegang secarik kertas sambil menyanyikan lagu kebangsaan RI menggunakan mikrofon. Dia menghadap ke arah jemaahnya.

Terlihat di dalam video itu, sebagian besar jemaah turut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sebagian lainnya terlihat diam.

Usai lagu kebangsaan berakhir dinyanyikan, lantas imam menyerukan umat untuk salat Tarawih berjamaah.

“Asshalatu sunnatan tarwihi jamaaatan rahimakumullah..,” yang langsung disambut oleh para jemaah.

Hingga kini, belum diketahui lokasi masjid yang jemaahnya menyanyikan lagu Indonesia Raya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya