Pilihan Senin, 04 April 2022 | 14:04

Negara Dengan Durasi Puasa Tersingkat dan Terlama, Ada yang 21 Jam

Lihat Foto Negara Dengan Durasi Puasa Tersingkat dan Terlama, Ada yang 21 Jam Ilustrasi kutub utara. (foto: shutterstock).

Jakarta - Umat Muslim di seluruh dunia tengah menjalani bulan penuh berkah, yakni bulan Ramadan. Menyoal Ramadan, umat Islam diwajibkan berpuasa sejak terbitnya matahari hingga terbenamnya sang surya. Di Indonesia sendiri, umat muslim rata-rata akan berpuasa selama 12-13 jam dalam sehari hingga matahari terbenam.

Namun, tahukah kamu jika ada negara lain yang memiliki waktu berpuasa lebih singkat dan lebih lama dari Indonesia? Ternyata ada negara yang hanya berpuasa selama 11 jam saja. Namun, di sisi bersamaan ada juga yang berpuasa hingga 21 jam.

Penasaran, kira-kira negara mana saja yang waktu puasanya lebih cepat hingga lebih lama dari Indonesia? Berikut informasi lengkapnya:

Seperti kita tahu, panjang jam siang hari akan bervariasi tergantung di negara mana kamu berada. Umat Muslim yang tinggal di negara-negara paling selatan dunia seperti Chile, Australia, hingga Selandia Baru akan berpuasa rata-rata 11 jam saja. Negara lain yang memiliki durasi puasa tercepat lainnya antara lain Afrika Selatan, Uruguay, Paraguay, dan Argentina.

Sementara itu, bagi mereka yang tinggal di negara-negara utara seperti Islandia atau Norwegia akan berpuasa 18 jam lebih. Hal ini disebabkan lantaran di negara-negara bagian utara ini matahari tidak terbenam dari 20 April hingga 22 Agustus.

Namun, fatwa telah dikeluarkan untuk mengikuti pengaturan waktu di Makkah, Arab Saudi, atau negara Muslim terdekat. Negara lain yang juga memiliki durasi puasa terlama di antaranya Greenland, Islandia, hingga Finlandia yang durasi puasanya bisa mencapai 21 jam. Bahkan, tahun lalu, waktu puasa di Finlandia mencapai 23 jam, lho. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya