Daerah Kamis, 02 Desember 2021 | 15:12

Omicron Tak Ada di Sumut, Ini Langkah Antisipasi Gubernur Edy Rahmayadi

Lihat Foto Omicron Tak Ada di Sumut, Ini Langkah Antisipasi Gubernur Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. (Foto:Opsi/Istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Andi Nasution

Medan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi memastikan hingga hari ini Covid-19 varian Omicron tidak ada ditemukan di Provinsi Sumut.

Sebagai langkah mengantisipasi datangnya varian Omicron ini, Edy telah menyiapkan beberapa langkah diantaranya masih belum membuka pintu kedatangan internasional hingga memperketat jalur ilegal yang sering dijadikan sebagai pintu masuk.

"Belum ada pintu kedatangan di Sumut bagi penumpang internasional, baik itu penerbangan atau pelayaran," kata Edy Rahmayadi di Medan, Kamis, 2 Desember 2021.

Selain itu, Edy juga menegaskan, pihaknya memperketat jalur ilegal yang masih sering dimanfaatkan sebagai pintu masuk, seperti wilayah perairan Batubara dan Tanjungbalai.

"Ini sudah kita kordinasikan dengan Wali Kota Tanjungbalai dan Bupati Batubara, yang harus kita tekankan secara ketat untuk menjaga hal itu," kata mantan Pangkostrad, Edy Rahmayadi.

Sedangkan, Bidang Kesehatan Satgas Covid-19 Sumut, dr Inke Lubis mengutarakan, upaya mengantisipasi varian Omicron masuk ke Sumut, salah satunya membatasi kedatangan orang dari luar negeri. Juga akan memberlakukan karantina ketat bagi setiap orang yang masuk ke Indonesia.

Ia juga meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, belum diketahui efektivitas vaksin terhadap varian Omicron.

"Masyarakat tentunya harus tetap menjaga prokes, karena vaksin sendiri belum kita ketahui seberapa efektif untuk mencegah varian Omicron ini," ucap Inke Lubis. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya