News Minggu, 01 Mei 2022 | 13:05

Organisasi Sayap PDIP Siap Kawal Surabaya Menjadi Kota Toleran

Lihat Foto Organisasi Sayap PDIP Siap Kawal Surabaya Menjadi Kota Toleran Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Bamusi Surabaya Achmad Rosyidi (ANTARA/HO-Bamusi Surabaya)

Jakarta - Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Kota Surabaya, Jawa Timur mengaku siap mengawal keinginan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk mewujudkan daerah itu sebagai kota toleran.

"Jadi apa yang diinginkan Bapak Wali kota Surabaya, Bamusi siap mendukung Pemkot dalam mewujudkan itu," kata Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Bamusi Surabaya Achmad Rosyidi di Surabaya, seperti mengutip ANTARA, Minggu, 1 Mei 2022.

Menurutnya, Kota Pahlawan yang terkenal dengan kota yang tentram dan damai, telah menggugah pengurus Bamusi Surabaya memberikan pembekalan terkait materi toleransi beragama dan radikalisme.

Untuk mewujudkan hal itu, dia mengatakan, PC Bamusi Surabaya yang merupakan sayap Partai PDI Perjuangan akan membentuk Pengurus Anak Cabang (PAC) Bamusi di tiap kecamatan di Surabaya.

"Harapannya, kami bersama-sama dapat mewujudkan Surabaya sebagai kota toleran," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan umat beragama di Kota Pahlawan menjunjung tinggi toleransi meski berbeda keyakinan.

Oleh karena itu, Eri menginginkan pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke-729 mendatang, pihaknya akan membentuk wadah atau rumah lintas agama yang berisikan anak-anak muda dari berbagai lintas beragama yakni, ada pemuda masjid, pemuda gereja, pemuda vihara dan sebagainya.

Dia berpandangan, ketika para pemuda ini mendapat arahan dari penasihat lintas agama, maka mereka akan terjun untuk berbagi tentang ilmu agama dan sosial di kecamatan, kelurahan, sampai ke RT/RW.

Dengan adanya tempat untuk berkumpulnya para pemuda lintas agama, dia meyakini bahwa Kota Surabaya mampu mewujudkan kota yang memiliki rasa toleransi untuk umat beragama.

"Saya ingin menunjukkan Kota Surabaya adalah kota toleran. Saya mohon doanya agar bisa berkolaborasi dalam mewujudkan Rumah Lintas Agama," ucap Wali Kota Eri Cahyadi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya