News Rabu, 11 Oktober 2023 | 14:10

Pangkas Birokrasi, FMIPA UNSRAT Bangun Website Desa Timu

Lihat Foto Pangkas Birokrasi, FMIPA UNSRAT Bangun Website Desa Timu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi. (Foto:

Jakarta - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi mengadakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat dengan mengangkat topik "Pembuatan Website Kependudukan Desa Timu, Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa".

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima pada Rabu, 11 Oktober 2023, kegiatan itu berlangsung di Balai Desa Timu, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat kemarin, 6 Oktober 2023.

Tim PKM FMIPA UNSRAT yang dipimpin oleh Drs. Jantje D. Prang mengatakan bahwa program ini membantu menyukseskan program pemerintah untuk digitalisasi desa dan membantu administrasi desa secara digital dan sekaligus promosi melalui halaman web.

Program Kemitraan Masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi web yang telah dibuat oleh Tim PKM FMIPA yang dapat dikunjungi di laman timu.desaterpadu.my.id.

Situs ini direncanakan akan menjadi website resmi Desa Timu. Halaman website tersebut akan mencakup profil desa, sistem administrasi, hingga pengolahan data kependudukan. 

Pada kesempatan itu, Hukum Tua atau Kepala Desa Timu, Youke Djefry Mamahit sangat mengapresiasi program kemitraan ini.

"Program ini sangat baik untuk pengembangan menuju desa yang terbuka terhadap digitalisasi juga untuk menyukseskan program pemerintah untuk digitalisasi desa. Program ini diharapkan dapat terus berlanjut melalui pelatihan-pelatihan modul lainnya agar perangkat desa dapat mahir dalam melakukan administrasi desa menggunakan teknologi digitalisasi ini," kata Youke.

Ia berharap program kemitraan dapat berlanjut sehingga sistem tersebut berguna untuk memangkas jalur birokrasi dan administrasi desa yang selama ini belum efisien.

Perangkat desa juga berharap agar, website desa dapat membantu untuk mempromosikan potensi desa juga BUMDes yang ada di Desa Timu.

Diharapkan juga program ini dapat berlanjut hingga ke pembuatan digitalisasi sekolah-sekolah (SD, SMP, SMA) yang berada di Desa Timu.

Adapun TIM PKM FMIPA UNSRAT di Desa Timu terdiri dari Yohanes A. R. Langi, Chriestie E. J. C. Montolalu, Mahardika I. Takaendengan, Siska Ayu Widiyana, Dodisutarma Lapihu, Eliasta Ketaren, dan beberapa mahasiswa dari Prodi Sistem Informasi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya