News Rabu, 12 Oktober 2022 | 18:10

Pasca Tragedi Kanjuruhan, FIFA Cek Apakah Indonesia Bisa Gelar Piala Dunia U-20

Lihat Foto Pasca Tragedi Kanjuruhan, FIFA Cek Apakah Indonesia Bisa Gelar Piala Dunia U-20 Perwakilan FIFA, AFC dan Ketum PSSI dalam keterangan bersama, Rabu, 12 Oktober 2022. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Federasi sepak bola dunia FIFA dan federasi sepak bola Asia AFC memberikan dukungan kepada PSSI untuk memperbaiki berbagai hal dalam menjalankan kompetisi sepak bola Tanah Air.

Hal itu terungkap dalam keterangan bersama perwakilan FIFA Niko Nhouvannasak bersama dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan juga perwakilan AFC, yakni Deputi Sekretaris Jenderal AFC, Shin Man-gil pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Niko dalam kesempatan itu mengatakan, kedatangan pihaknya ke Indonesia untuk menyampaikan duka mendalam atas Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 130 orang lebih.

"FIFA datang ke sini pertama-tama untuk memberikan belasungkawa kepada para korban dari  insiden Kanjuruhan," kata dia.

Selain itu kata Niko, FIFA bersama dengan AFC memberikan dukungan kepada  PSSI pada saat ini. 

Pihaknya sedang bekerja mengumpulkan data-data dan juga informasi yang kemudian akan berlanjut kepada rencana aksi.

"Ini nantinya merupakan rangkaian dari beberapa pertemuan untuk memastikan bahwa Indonesia aman dan untuk memastikan bahwa liga akan berjalan tidak lama lagi," katanya.

FIFA juga kata dia, sedang memastikan perhelatan akbar FIFA di Indonesia, yakni U-20 World Cup bisa berjalan ke depannya.

Baca juga:

Prematur Pernyataan Jokowi soal Indonesia Lolos Sanksi dari FIFA

Sementara itu Shin Man-gil menyebut, atas nama Presiden AFC Salman bin Ebrahim Al Khalifa dan juga Sekjen, pihaknya datang secara khusus menyampaikan belasungkawa.

"Indonesia merupakan negara atau anggota asosiasi yang penting bagi AFC. Karena AFC menjalankan kompetisi secara berkala dan AFC juga ingin memastikan bahwa kejadian ini tidak akan terulang kembali di masa mendatang," katanya.

Disebutnya, AFC juga ingin bekerja sama agar peristiwa ini tidak terjadi lagi. AFC akan secara reguler melakukan kunjungan ke depannya agar PSSI dan AFC bekerja sama untuk menyelesaikan masalah sepak bola Indonesia.

Ketum PSSI Iriawan menyampaikan terima kasih karena FIFA dan AFC bisa hadir ke Indonesia  untuk memberikan  pendampingan, terkait apa yang bisa dilakukan oleh PSSI khususnya berkaitan Tragedi Kanjuruhan.

"Saya juga berterima kasih bapak presiden, surat beliau ke Presiden FIFA telah direspons dan sekarang, teman-teman dari FIFA dan AFC berada di Indonesia untuk melakukan pendampingan dan tentunya untuk melakukan perbaikan di sana-sini yang dirasakan masih perlu diperbaiki dalam dunia sepak bola Indonesia," tukasnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya