News Rabu, 22 Desember 2021 | 12:12

Pemprov DKI Pilih Ancol Sebagai Lokasi Formula E 2022

Lihat Foto Pemprov DKI Pilih Ancol Sebagai Lokasi Formula E 2022 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Baju Korpri) dan Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix 2022, Ahmad Sahroni (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix 2022, Ahmad Sahroni menyebutkan kawasan wisata Ancol ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan Formula E pada 2022 mendatang.

Dia menjelaskan pihaknya memilih Ancol sebagai lokasi pelaksanaan even tersebut karena dinilai memiliki karakteristik dinamis, dan merupakan ikon Jakarta serta tak mengganggu prasarana jalan masyarakat yang lain.

"Tertutup untuk pelaksanakaan ada even satu hari pada saat 4 Juni 2022," kata Sahroni, di Ancol, Jakarta Utara dikutip Opsi dari laman RRI pada Rabu 22 Desember 2021.

Lanjut Sahroni dengan dipilihnya Ancol, maka panitia tidak perlu lagi membangun sirkuit dari awal. Mengingat Formula E berbeda dengan ajang balap lain seperti F1 dan Moto GP yang memerlukan sirkuit khusus seperti di Mandalika. Formula E, katanya, berpacu di jalan raya yang kondisi serta desaignnya ditentukan FEO dan FAI. 

"Nah formula E sendiri itu real jalan raya yang bisa di approve FEO dan FAI dengan kondisi dan desaign dari mereka,"ujarnya. Sahroni menekankan, pelaksanaan Formula E ini tidak menggunakan APBD DKI Jakarta. Tapi dengan cara merangkul sponsor dari dalam dan luar negeri.

"Tolong dicatat, kita gunakan dengan cara merangkul sponsor dan itu dilakukan di seluruh dunia dalam event besar, karena event ini internasional dan semua yang memiliki brand besar pasti ikut andil dalam event yang lumayan bagus," jelasnya.

Sebagai informasi, Ancol bersaing dengan beberapa lokasi lain sebagai kandidat venue balap mobil listrik Formula E. Seperti Gelora Bung Karno (GBK), Pantai Indah Kapuk (PIK), Kemayoran dan Sudirman-Thamrin. Namun, setelah melalui kajian panjang bersama pihak Formula E Operations sebagai wakil Federasi Otomotif Internasional (FIA), maka Ancol dipilih sebagai lokasi balap.

"Pasti ada pertanyaan. Kenapa sih lama benar pengumuman venue? Kalau saya yang memutuskan regulasi balap formula E pasti dari saat saya ditunjuk, tapi karena ini harus  approval FEO dan FIA," tandasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya