News Selasa, 24 Mei 2022 | 13:05

Penerapan DBON Dongkrak Prestasi Olahraga Indonesia di SEA Games 2021

Lihat Foto Penerapan DBON Dongkrak Prestasi Olahraga Indonesia di SEA Games 2021 Atlet Terbaik SEA Games 2021 Vietnam. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Prestasi Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam diklaim tidak terlepas dari penerapan paradigma baru olahraga berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, implementasi DBON dalam pengiriman atlet dilakukan seleksi ketat dari tim review. 

Tim ini terdiri dari para akademisi, praktisi, KOI dan KONI. Atlet yang dikirim berdasarkan catatan prestasi di ajang-ajang olahraga internasional. 

“Tentu apa yang kami lakukan untuk pengiriman kontingen ke Vietnam itu adalah memulai paradigma baru tentang pengelolaan prestasi olahraga nasional berdasarkan Perpres 86 tentang Desain Olahraga Nasional," kata Amali dilansir dari laman Kemenpora, Selasa, 24 Mei 2022.

Menteri Amali menegaskan, hanya atlet yang benar-benar lolos seleksi dari tim review yang dikirimkan ke Vietnam. 

Pihaknya kata dia, mengabaikan kritik pengurus cabang olahraga yang tidak dikirim. Namun itu dilakukan untuk memperbaiki ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional.

“Alhamdulillah, apa yang kami lakukan sudah on the track. Apa yang kami lakukan ini  dipertahankan dan konsisten kami jadikan sebagai pedoman pembinaan prestasi,” ucapnya.

Disebutnya, jumlah atlet yang dikirim ke Vietnam sebanyak 499 atlet. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan SEA Games 2019 Filipina, yakni sebanyak 841 atlet. 

Belum lagi Indonesia harus kehilangan 30 medali emas yang diraih pada SEA Games 2019 karena cabang olahraga tersebut tidak dipertandingkan.

Baca juga:

Puan Maharani Apresiasi Prestasi Tim Merah Putih di SEA Games 2021 Vietnam

Ini kemudian yang membuat Presiden Joko Widodo tidak menyebutkan target dengan angka, namun hanya harapan untuk perbaikan posisi yang saat itu berada di posisi keempat perolehan medali emas. 

SEA Games 2021 ini meski dilakukan perampingan kontingen Indonesia berhasil memenuhi harapan presiden dengan meraih 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu. 

Indonesia berada di bawah Vietnam dan Thailand yang berhasil bertengger di urutan pertama dan kedua.

“Alhamdulillah tim bisa membuktikan bisa memenuhi harapan bapak Presiden,” katanya.

Menteri Amali memastikan hasil yang dicapai ini akan dilakukan evaluasi oleh tim review. Terutama dengan adanya sejumlah perubahan aturan terbaru dalam pertandingan di SEA Games 2021 ini. 

Atlet Terbaik

SEA Games 2021 Vietnam sudah ditutup pada Senin, 23 Mei 2022 malam lewat sebuah acara seremoni meriah. Saat itu diumumkan pula penyelenggara SEA Games ke-32 tahun 2023, yakni Kamboja. 

Diumumkan pula para atlet terbaik pada SEA Games 2021 Vietnam, yakni Nguyen Thi Oanh atlet Atletik dari Vietnam.

Kemudian, Joshua Robert Atkinson atlet Atletik dari Thailand, Nguyen Huy Hoang atlet Renang dari Vietnam, dan Quah Jing Wen atlet Renang dari Singapore. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya