Hukum Selasa, 07 Februari 2023 | 18:02

Pesawat Susi Air Diduga Dibakar KKB, Nasib Lima Penumpang Belum Diketahui

Lihat Foto Pesawat Susi Air Diduga Dibakar KKB, Nasib Lima Penumpang Belum Diketahui Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut tim yang dibentuk tengah mencari pilot dan penumpang Pesawat Susi Air yang diduga dibakar kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

"Terkait dengan perkembangan dari pilot dan penumpang yang diamankan oleh KKB, saat ini memang dalam pencarian," kata Kapolri saat konferensi pers bersama Presiden Jokowi di Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023.

Pencarian kata dia, dilakukan tim gabungan yang dibentuk. "Untuk hasilnya nanti akan kami informasikan," sambung Kapolri.

Diketahui, pesawat Susi Air nomor penerbangan SI 9368 terbakar saat berada di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Tengah, Selasa, 7 Februari 2023.

Baca juga: Kembali KKB Bunuh Tukang Ojek di Kabupaten Puncak Papua Tengah

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri dilansir dari Antara, membenarkan insiden tersebut. Disebutnya, ada laporan tentang pesawat milik Susi Air yang dibakar KKB di Paro, Kabupaten Nduga.

Pilot pesawat adalah warga Selandia Baru bernama Captain Philips M. Sedangkan penumpang sebanyak lima orang termasuk seorang bayi.

Baca juga: KKB Papua Kembali Menebar Teror, Tembak Pos Polisi di Yahukimo

Dikatakan, pesawat jenis Pilatus Porter terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba ke Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.

"Dari pengecekan yang dilakukan dari udara, terlihat pesawat terbakar di ujung lapangan terbang Paro," jelas Fakhiri.

Lima orang penumpang dalam pesawat, yakni Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W.

Polisi belum bisa memastikan nasib kelima penumpang pasca pembakaran pesawat. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya