Daerah Selasa, 15 Oktober 2024 | 11:10

Pjs Wali Kota Matheos Tan Dorong Pengembangan Olahraga Tradisional di Kalangan Pelajar

Lihat Foto Pjs Wali Kota Matheos Tan Dorong Pengembangan Olahraga Tradisional di Kalangan Pelajar Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan. (Foto:Istimewa)

Siantar - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan MM secara resmi membuka Pertandingan Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar di Gedung Olahraga (GOR) Merdeka yang terletak di Suzuya Mal Lantai 4, pada Selasa (15/10/2024) pagi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41 dan akan berlangsung selama tiga hari, dari 15 hingga 17 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Matheos mengapresiasi keberadaan GOR sebagai fasilitas olahraga tipe B yang menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar. Ia berharap melalui pertandingan olahraga tradisional ini, diharapkan dapat mengurangi kenakalan remaja dan menjauhkan pelajar dari penyalahgunaan narkoba serta tawuran antar pelajar.

"Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat meningkatkan kegiatan olahraga di Kota Pematangsiantar, baik melalui pembinaan, pengembangan, maupun kompetisi. Mari kita jadikan momentum ini untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan keolahragaan," ajak Matheos.

Matheos menegaskan bahwa pertandingan olahraga tradisional bukan hanya sekadar ajang unjuk kecepatan dan kekuatan, tetapi juga sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi, mengembangkan sportivitas, dan meningkatkan rasa persaudaraan. "Olahraga tradisional adalah warisan budaya yang perlu dikembangkan, khususnya di kalangan pelajar sebagai generasi penerus bangsa," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Matheos juga menjelaskan manfaat olahraga tradisional, seperti melatih kecerdasan sosial dan emosional, mengembangkan kemampuan motorik, serta meningkatkan kerja sama tim. Ia mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan terbaik kepada pelajar dan memotivasi mereka untuk bertanding dengan penuh percaya diri dan semangat.

"Yang terpenting adalah bagaimana bertanding dengan hati dan menjunjung tinggi sportivitas," tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pematangsiantar, Muhammad Hamam Sholeh AP, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari Pertandingan Olahraga Tradisional ini adalah untuk mengembangkan olahraga tradisional sebagai warisan budaya, mengajarkan nilai kebersamaan, kerjasama, dan persaudaraan antar pelajar, serta melatih kualitas mental dan fisik para pelajar.

Olahraga yang dipertandingkan dalam kegiatan ini meliputi Enggrang dan Terompah untuk tingkat SMP, serta Hadang untuk tingkat SMA. Setelah acara pembukaan, Matheos melepas pertandingan Terompah putri, yang dimenangkan oleh siswi SMP YPI Pematangsiantar.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Bank Sumut Kantor Cabang Pematangsiantar Suhardi Sembiring, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Pematangsiantar, dan camat setempat.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya