Hukum Selasa, 18 April 2023 | 18:04

Polisi Dua Bintang Ini Bagi Tips Berkendara Aman saat Mudik

Lihat Foto Polisi Dua Bintang Ini Bagi Tips Berkendara Aman saat Mudik Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Santyabudi. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Santyabudi membagikan tips aman, nyaman, dan sampai tujuan saat mudik Lebaran 2023.

Salah satunya menurut dia, adalah pemudik membawa sopir cadangan untuk meminimalisir kecelakaan akibat kelelahan.

“Saya sarankan membawa sopir cadangan kalau ada, kalau tidak ada, berhenti,” ujar Firman dalam keterangannya dilansir dari laman Humas Polri, Selasa, 18 April 2023.

Firman juga menyarankan pengendara agar beristirahat saat lelah berkendara. Menurutnya, kondisi fisik pengendara sangat mempengaruhi perjalanan mudik. 

Umumnya, batas sopir berkendara adalah empat jam.

“Untuk yang profesional mungkin empat jam, untuk yang lain-lain dua atau tiga jam berhenti istirahat,” katanya.

BACA JUGA: Ferdinand Hutahaean ke Masyarakat yang Mudik Lebaran: Jangan Ragu, Polisi Pasti Amankan

Firman kemudian mengingatkan untuk tetap menjaga jarak dengan kendaraan lain. Dia mengimbau mengatur kesadaran pada saat di jalan.

“Jadi saran kami istirahat, jangan sampai ngantuk, kita bermain dengan second, dengan detik kecepatan, saya sampaikan saja 36 km/jam itu dalam setiap detik kita menempuh 10 meter, bayangkan kalau seorang pengemudi tiba-tiba hilang kesadaran, hanya 1 atau 2 detik itu 20 meter,” ungkapnya.

"Kalau 36 km/jam, kalau di tol berapa? 60, kita ambil, kali 2 saja, 1 detik 20 meter, tanpa kita melihat di jalan ada apa, bisa ada mobil berhenti, bisa ada orang masuk lajur atau sebagainya. Jadi penting bugar pada saat mengemudi,” pungkasnya.

Operasi Ketupat 2023 sudah mulai 18 April sampai 1 Mei 2023. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan ada ratusan ribu personel Polri yang akan diterjunkan dalam pengamanan Lebaran 2023. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya