Hukum Selasa, 08 Februari 2022 | 19:02

Polisi Persilakan Warga yang Tolak Bendungan di Wadas Salurkan Aspirasi ke Polres Purworejo

Lihat Foto Polisi Persilakan Warga yang Tolak Bendungan di Wadas Salurkan Aspirasi ke Polres Purworejo Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. Foto: Dok Humas Polda Jateng

Jakarta - Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Polisi M. Iqbal Alqudusy
mempersilakan warga yang kontra dengan proyek Bendungan Wadas, untuk menyalurkan aspirasinya ke Polres Purworejo.

"Pasti segera disalurkan dan ditindaklanjuti untuk cari solusinya," kata Iqbal dalam keterangannya di Purworejo, Jawa Tengah, dikutip Opsi, Selasa, 8 Februari 2022.

Dia memastikan Polri siap menampung aspirasi warga yang mendukung maupun menolak proyek strategis nasional (PSN) tersebut.

Menurutnya, Forkompimda Jateng sejak 2018 telah memediasi terkait dengan penolakan sejumlah warga terhadap proyek pembangunan Bendungan Wadas. Warga kontra, kata dia, pernah mengajukan gugatan ke PTUN Semarang namun ditolak.

"Berdasarkan data, mayoritas warga setempat sangat welcome terhadap proyek pembangunan bendungan Bener. Namun, semua aspirasi warga yang pro maupun kontra kami tampung dan salurkan," ucapnya.

Lebih lanjut Iqbal bilang, polisi mengamankan sedikitnya 23 orang bersenjata tajam saat terjadi ketegangan dalam proses pengukuran bakal lokasi Proyek Waduk Bener di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pengukuran dilakukan oleh petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN), pada Selasa, 8 Februari 2022.

"Sebanyak 23 orang yang membawa senjata tajam tersebut kemudian dibawa ke Polsek Bener," katanya.

Menurut dia, saat pengukuran lahan oleh BPN sempat terjadi ketegangan antara warga yang mendukung maupun menolak PSN tersebut. Petugas Gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP Kabupaten Purworejo, kata dia, sudah berada di lokasi untuk mencegah terjadinya gesekan antara kedua kelompok tersebut.

Iqbal menambahkan, pengamanan yang dilakukan petugas gabungan tersebut didasarkan atas permohonan yang disampaikan Kanwil BPN Jateng kepada Kapolda Jawa Tengah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya