Daerah Senin, 20 Juni 2022 | 10:06

Polisi Telusuri Jejak Khilafatul Muslimin di Sulsel

Lihat Foto Polisi Telusuri Jejak Khilafatul Muslimin di Sulsel Konoi Khilafah yang viral beberapa waktu lalu. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Polda Sulsel ikut bergerak menelusuri atau pun mengusut keberadaan dari organisasi masyarakat, Khilafatul Muslimin di wilayah hukum Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana mengatakan, kepolisian sementara menyelidikan ormas Khilafatul Muslimin di Sulsel, yang diduga melawan ideologi bernegara Republik Indonesia (RI)

"Kami sementara selidiki," kata Komang, Jumat 17 Juni 2022 lalu.

Dia mengatakan, keberadaan Khilafatul Muslimin sudah menjadi perhatian khusus bagi Polri. Tak terkecuali Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana. Bahkan, jenderal polisi bintang dua itu telah mengumpulkan Kapolres jajaran untuk menelusuri Ormas tersebut.

Dalam intruksinya, Kapolda meminta para Kapolres untuk menyelidiki, mengecek dan mendata daerah yang diduga terafiliasi atau tergabung dalam Khilafatul Muslimin.

"Kemarin saat anev, bapak Kapolda Sulsel sudah mengingatkan para kapolres untuk melakukan lidik, pengecekan dan pendataan," ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, terdapat aktivitas Khilafatul Muslimin di wilayah Sulawesi Selatan. Tepatnya di Desa Benteng, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros.

Bahkan saat ini, sudah ada terbangun Pondok Pesantrennya di sana. Aktivitas kelompok ini diduga telah berlangsung lama, sejak 1998. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya