News Jum'at, 18 November 2022 | 12:11

Postingannya di Twitter Disebut Menghina Iriana Jokowi, Komikus Kharisma Jati Minta Maaf

Lihat Foto Postingannya di Twitter Disebut Menghina Iriana Jokowi, Komikus Kharisma Jati Minta Maaf Kharisma Jati. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pelaku yang mengejek Iriana Jokowi di media sosial Twitter dengan cuitan dan foto saat pose dengan istri Presiden Korsel, ternyata seorang komikus.

Namanya adalah Kharisma Jati, pria kelahiran 30 April 1986 di Yogyakarta. Dia dikenal sebagai pekerja seni komikus dan ilustrator.

Beredar di media sosial permohonan maafnya atas kejahilannya, yakni foto dan cuitan yang kemudian memantik marah netizen karena dinilai merendahkan Ibu Negara.

"Dengan ini, saya Kharisma Jati, meminta maaf kepada keluarga besar Presiden RI atas unggahan saya di media sosial, yang menyinggung perasaan anggota keluarga bapak Presiden Joko Widodo, termasuk kerabat; staf dan pejabat di lingkungan kepresidenan. 

Permintaan maaf ini saya nyatakan dengan tulus dari lubuk hati yang paling dalam. Tanpa unsur keterpaksaan dan kepura-puraan. Dan jika dari pihak terkait bermaksud mengadakan tuntutan hukum maka saya akan menerima dengan lapang dada atas segala hukuman yang adil dan setimpal," tulisnya dikutip dari Twitter.

Baca juga:

Iriana Jokowi Dijahili di Medsos, Netizen Marah

"Namun tidak ada sedikitpun permintaan maaf saya terhadap para pendukung fanatik rezim ini, yang merasa bisa berbuat sesukanya sendiri tanpa mengindahkan moral dan etika, karena saya bukan penjilat; pembeo; maupun perundung dan sedikitpun saya membenarkan perbuatan semacam itu.

Framing, fitnah, dan ujaran kebencian yang mereka buat hanya mencerminkan arogansi dan kemunafikan mereka. Demikian surat terbuka ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun," sambungnya.   

Sebelumnya, melalui akun Twitter @KoprofilJati, dia mengunggah foto saat Iriana berdiri bareng Ibu Negara Korsel di sela penyelenggaraan KTT G20 di Bali 14-16 November 2022 lalu.

Tampilan kontras keduanya, di mana Iriana mengenakan kerudung dan pakaian sederhana, begitu juga istri Presiden Korsel, Kim Keon Hee tampak modis meski tampak bersahaja.

Pose kedua Ibu Negara itu kemudian diunggah oleh @KoprofilJati dengan membuat narasi: "Bi, tolong buatkan tamu kita minum".  "Baik, Nyonya". 

Postingan ini memantik reaksi beragam, termasuk dari Gibran yang menilai bisa dimaknai salah paham oleh banyak pihak. Gibran kemudian menghapus postingan yang masuk ke akunnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya