News Senin, 22 November 2021 | 11:11

Prabowo Sebut Garis Keras di Indonesia, Dipengaruhi Kelompok Timur Tengah

Lihat Foto Prabowo Sebut Garis Keras di Indonesia, Dipengaruhi Kelompok Timur Tengah Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. (foto: ist).

Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengatakan Indonesia senantiasa menjaga hubungan baik dengan negara-negara di Timur Tengah pada sektor kontraterorisme dalam rangka kepentingan keamanan. 

Menurutnya, bukan rahasia lagi bahwa banyak kelompok garis keras Indonesia dipengaruhi kelompok-kelompok berpikiran sama di Timur Tengah.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menyebutkan misalnya, hubungan antara Al-Qaeda dan Jamaah Islamiyah (JI), ISIS, dan afiliasinya di Indonesia, yakni Jamaah Ansharut Daulah (JAD). 

Penegasan itu disampaikan Prabowo saat berpidato dalam Forum Dialog "The 17th International Institute for Strategic Studies (IISS) Manama Dialogue 2021" di Bahrain, Sabtu, 20 November 2021.

“Kami memantau dengan sangat cermat, dan kami menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan di Timur Tengah di sektor kontraterorisme. Secara umum, kami terus mengawasi komplikasi keamanan regional,” kata Prabowo kepada wartawan di Jakarta, dikutip Opsi, Senin, 22 November 2021. 

Prabowo melanjutkan, Indonesia di saat yang sama berupaya agar ekstremisme tidak tumbuh subur, demi terwujudnya perdamaian di Tanah Air dengan cara menghadirkan keadilan dan kemakmuran bagi warganya.

“Saya percaya bahwa ekstremisme dan radikalisme akan tumbuh subur ketika ada kemiskinan, ada ketidaksetaraan, ketidakadilan. Rakyat kehilangan harapan, warga miskin tidak mendapatkan perlakuan yang sama di mata hukum, dan mereka merasa ditinggalkan oleh yang berkuasa," ucapnya. 

"Ini adalah lahan subur bagi radikalisme dan ekstremisme,” ujar Prabowo lagi. 

Prabowo meyakini paham ekstremisme dan radikalisme tidak akan relevan lagi, ketika ada keadilan, terjadinya demokrasi yang nyata, dan adanya akuntabilitas para pemimpin hingga perlakuan yang sama di mata hukum. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya