News Selasa, 07 Juni 2022 | 19:06

Prabowo Subianto: Petarung Kadang KO, yang Penting Bagaimana Berdiri Kembali

Lihat Foto Prabowo Subianto: Petarung Kadang KO, yang Penting Bagaimana Berdiri Kembali Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan kalimat bijak yang menyatakan, "kalah adalah hal biasa dan lebih baik dianggap sebagai kemenangan yang tertunda", ketika menyampaikan orasi ilmiahnya di hadapan para wisudawan Universitas Pancasila, Selasa, 7 Juni 2022.

Pesan tersebut disampaikan Prabowo agar para wisudawan terus semangat dan pantang menyerah dalam menjalankan hidupnya.

"Kau mungkin kalah, kalau kau kalah jangan mengakui kau kalah anggap saja kemenangan yang tertunda, kalau kau jatuh itu biasa, petarung kadang-kadang jatuh, kadang-kadang KO, yang penting bukan jatuhnya yang penting bagaimana kau berdiri kembali," kata Prabowo seperti dikutip dari Channel Youtube Universitas Pancasila, Selasa, 7 Juni 2022.

Dia menegaskan, dalam perkuliahan pun, ketika ada mahasiswa yang gagal dalam ujian misalnya, tidak perlu bersedih hati dan segera bangkit lagi.

"Kalau ujian kamu sekali tidak lulus, jangan nangis! Kalau kau nangis enggak ada yang suka sama kamu, belajar lagi supaya kau lulus, jangan cari bocoran soal!" ujarnya.

Selain itu, dia juga mengingatkan tentang sifat-sifat menuju keberhasilan, salah satunya yakni dengan rajin membaca dan terus mengasah kecerdasan.

Sebab, menurut Prabowo, kecerdasan bukanlah warisan genetik dari orang tua pada anaknya.

"Buku yang tebal jangan hanya dipajang. Asah kecerdasanmu! Jangan anggap bahwa kecerdasan itu dilahirkan, jadi kalau saya enggak cerdas, salah orang tua saya, no! Kecerdasan bisa kau asah, asal ada will. Selain itu juga harus disiplin," tuturnya.

Dia mengatakan, orangtuanya memang seorang mantan guru besar, profesor, yang bisa mendapatkan semua gelarnya karena menjalankan hidupnya dengan bekerja keras.

"Dia kerjakan apa yang diminta dituntut kepadanya, lalu berpikir positif, berpikir baik, jangan menyerah," ucap Prabowo Subianto.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya