News Senin, 26 September 2022 | 17:09

Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan Kemanusiaan ke Pakistan

Lihat Foto Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan Kemanusiaan ke Pakistan Presiden Joko Widodo (kanan) menempelkan stiker Bendera Indonesia dalam upacara pelepasan bantuan untuk Pakistan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, 26 September 2022. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan kepada Pemerintah Pakistan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Senin, 26 September 2022.

Bantuan untuk percepatan penanganan dan pemulihan pasca banjir bandang yang telah menewaskan lebih dari 1.000 jiwa di sana.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, bantuan kemanusiaan untuk Pakistan hari ini secara resmi saya berangkatkan," kata Joko Widodo.

Bantuan dihimpun dari pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Total keseluruhan bantuan yang dikirimkan itu senilai kurang lebih satu juta USD.

"Bantuan kemanusian ini kurang lebih senilai kurang lebih satu juta USD yang akan kita berangkatkan dengan dua pesawat dan berikutnya," jelasnya.

Baca juga:

Sebanyak 4.876 Jiwa Terdampak Longsor dan Banjir di Garut

Presiden berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban penderitaan Pakistan.

"Saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara di Pakistan sampai semuanya kembali normal dan dapat beraktivitas seperti sedia kala," kata Presiden.

Wakil Duta Besar Pakistan Muhammad Faisal Fayyaz, mewakili pemerintah dan masyarakat Pakistan, dalam kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia.

Menurut Faisal, Indonesia juga pernah membantu Pemerintah Pakistan dalam menanggulangi bencana banjir yang terjadi pada 2010 silam. Bentuk dukungan kemanusiaan itu harap Faisal akan terus terjalin antara kedua negara.

Seluruh bantuan tersebut kemudian dikirimkan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan jenis pesawat berbadan lebar AirBus A330 sebanyak 4 sortie pengiriman.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya