News Kamis, 09 Juni 2022 | 19:06

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Lepas Tukik Penyu di Pantai Wakatobi

Lihat Foto Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Lepas Tukik Penyu di Pantai Wakatobi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana melepaskan tukik penyu di pantai wilayah Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis, 9 Juni 2022. (foto: YouTube)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana melepas tukik penyu di area pantai Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada Kamis, 9 Juni 2022. 

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan guna menjaga ekosistem laut di Indonesia, utamanya wilayah Wakatobi.

"Ya hari ini saya berada di Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara dalam rangka kegiatan melepas tukik penyu ke laut untuk menjaga ekosistem laut kita," kata Presiden Jokowi dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 9 Juni 2022.

Presiden menyebut, di atas Taman Nasional Wakatobi seluas 1,3 juta hektare ini banyak hidup terumbu karang yang sangat indah.

Selain melepas tukik penyu, presiden juga melakukan transplantasi terumbu karang.

Tukik penyu yang dilepas Presiden Jokowi di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (foto: YouTube).

"Untuk melestarikan terumbu karang yang ada di lautan di sekitar Wakatobi ini," katanya.

Menurutnya, apabila kegiatan seperti ini dilakukan tidak hanya di Wakatobi saja, tetapi menjalar ke provinsi/kabupaten/kota yang lain, maka kelestarian dan ekosistem sumber daya laut RI dapat terus dijaga.

"Ini kegiatan yang sangat baik dari seluruh masyarakat, ormas pecinta lingkungan hidup. Saya kira ini yang harus terus digerakkan," tuturnya.

Jokowi berpesan kepada setiap pihak untuk turut menjaga kelestarian terumbu karang di wilayah Wakatobi, karena ke depan akan menciptakan ekonomi biru di industri pariwisata. 

"Jangan sampai ada yang rusak sedikitpun karena ini akan menjadi sebuah aset besar bagi Wakatobi bagi Provinsi Sulawesi Tenggara dalam rangka membangun sebuah ekonomi biru ke depannya. Ini memang baru tahapan-tahapan awal," kata Presiden Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya