News Senin, 14 November 2022 | 10:11

Presiden Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Surakarta

Lihat Foto Presiden Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Surakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan (MBZ) saat meresmikan masjid di Surakarta, Senin, 14 November 2022. (foto: YouTube).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Surakarta, Jawa Tengah, Senin, 14 November 2022.

Jokowi dan Mohammed Bin Zayed tiba di Masjid Sheikh Al Zayed dengan menaiki kendaraan yang sama. Kedua pemimpin negara tersebut kemudian berbincang-bincang sepanjang peninjauan masjid seperti dipantau dari siaran YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin hari ini.

Setelah memasuki area masjid, Mohammed Bin Zayed tampak pula berbincang dengan sejumlah tokoh yang hadir, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan aktivis Nahdlatul Ulama Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid (Yenny Wahid).

Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia Sangat Kecewa dengan Myanmar

Jokowi dan Mohammed Bin Zayed selanjutnya melakukan ibadah salat. Kemudian, mereka menandatangani prasasti tanda peresmian masjid dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Keduanya juga menanam pohon sala di pekarangan masjid. Dalam prosesi tersebut, Jokowi dan Mohammed Bin Zayed meletakkan tanah dan menuangkan air ke lubang yang sudah ditanami dengan bibit pohon tersebut. Keduanya lalu berfoto bersama.

Baca juga: Presiden Jokowi Beraudiensi dengan Raja Kamboja Norodom Sihamoni

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyambut langsung Presiden Uni Emirat Arab MBZ di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah.

Mohammed Bin Zayed menginjakkan kakinya di Jawa Tengah setelah turun dari pesawat kepresidenan UEA dan disambut langsung oleh Presiden Jokowi di bawah tangga pesawat, sebagaimana dipantau dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi, yang mengenakan batik cokelat dan peci hitam, bersama Mohammed Bin Zayed saling menyapa dengan mencium pipi kanan dan kiri.

Jokowi kemudian memperkenalkan para pejabat yang mendampinginya kepada Mohammed, yakni Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Menteri BUMN Erick Thohir. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya