News Sabtu, 01 Januari 2022 | 17:01

Presiden Jokowi Jadi Tokoh Paling Populer dan Berpengaruh Sepanjang 2021

Lihat Foto Presiden Jokowi Jadi Tokoh Paling Populer dan Berpengaruh Sepanjang 2021 Presiden Jokowi
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinobatkan jadi tokoh paling populer dan berpengaruh di media sosial dan daring Indonesia sepanjang tahun 2021 versi Indonesia Indicator (I2). Hasil ini, berasal dari data riset pada periode 1 Januari 2021 - 19 Desember 2021.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengatakan, Jokowi menjadi sosok "terpegah" atau terpopuler dan berpengaruh di banding tokoh-tokoh nasional lainnya yang masuk dalam radar riset.

"Presiden Jokowi Widodo menjadi figur paling berpengaruh dan "terpegah" sepanjang 2021," kata Rustika, dikutip Opsi pada Sabtu, 1 Januari 2021.

"Tercatat ada 970.720 pernyataan Presiden Jokowi yang dikutip media. Sementara nama Presiden Jokowi disebutkan dalam 804.469 berita," ujar dia.

Istilah "paling berpengaruh", kata Rustika, dipakai untuk menjelaskan figur yang pernyataannya paling banyak dikutip media (top influencer). Sementara istilah "terpegah" digunakan untuk menjelaskan figur yang namanya paling sering diberitakan media (top person).

Rustika mengatakan, sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, Presiden Jokowi banyak mendapat ruang pemberitaan ketika menjelaskan kebijakan pemerintah pusat, antara lain mengenai vaksinasi Covid-19, UU Cipta Kerja, PPKM, dan pemulihan ekonomi.

Baca juga:  Presiden Jokowi: Sepanjang 2021 Kita Berkutat dengan Dua Kerja Besar

Baca juga:  Jokowi Lanjutkan BLT Rp1 Juta untuk Pekerja di 2022? Begini Kata Kemnaker

Selain itu, nama Presiden Jokowi juga kerap disebut dalam konten berita.

"Misalnya, terkait wacana reshuffle kabinet, Pemilu 2024, kisruh Demokrat, dan wacana tiga periode jabatan presiden," ujar Rustika. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya