News Rabu, 05 Januari 2022 | 17:01

Presiden Jokowi Resmikan Waduk Randugunting di Blora, Jawa Tengah

Lihat Foto Presiden Jokowi Resmikan Waduk Randugunting di Blora, Jawa Tengah Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Waduk Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022. (foto: YouTube/Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Waduk Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022.

"Alhamdulillah kita bisa melihat Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah telah selesai dan bisa dimanfaatkan," ucap Presiden Jokowi dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 5 Januari 2022.

Jokowi menginformasikan, Waduk Randugunting memiliki kapasitas daya tampung tampung air sebesar 14,4 juta M3.

Menurutnya, bendungan ini bisa mengairi kurang lebih 650 hektare sawah yang berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Rembang.

Dia pun mengharapkan, dengan selesainya Waduk Randugunting ini ketahanan pangan nasional nantinya akan semakin baik. Kemudian, kemandirian pangan juga semakin baik.

"Karena kunci dari ketahanan pangan adalah air. Dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk yang sebanyak-banyaknya," katanya.

Jokowi juga mengharapkan, Waduk Randugunting nantinya juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik, bermanfaat bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora.

"Bismillahirrahmanirrahim, Waduk Randugunting di Kabupaten Blora pada siang hari ini saya nyatakan diresmikan," kata Presiden Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya