News Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:08

Presiden Jokowi Sebut 3 Periode Boleh-boleh Saja, Jokpro 2024: Saatnya Kita Wujudkan!

Lihat Foto Presiden Jokowi Sebut 3 Periode Boleh-boleh Saja, Jokpro 2024: Saatnya Kita Wujudkan! Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (foto: ist).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali merespons wacana perpanjangan masa jabatan presiden 3 periode yang terus berkembang di masyarakat. Jokowi menilai hal tersebut sah-sah saja dalam iklim demokrasi.

Menanggapi pernyataan tersebut, Sekretaris Jenderal Jokpro 2024 Timothy Ivan Triyono menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi karena telah menjaga iklim demokrasi tetap kondusif.

"Saya sangat mengapresiasi langkah Pak Jokowi yang terus menjaga iklim demokrasi kita tetap sehat. Kami juga mengamini bahwa ya dalam demokrasi, semua orang bebas berpendapat dan menyampaikan aspirasinya selama sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Timothy dalam keterangannya, Selasa, 23 Agustus 2022..

Dia menerangkan bahwa kebebasan berdemokrasi di era Jokowi merupakan salah satu yang terbaik. Ia mengatakan, setiap masyarakat bebas mengutarakan gagasannya selama tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

"Coba kita lihat waktu 2019 lalu, ada yang teriak ganti presiden, terus sekarang banyak yang teriak turunkan Jokowi, sah-sah saja sepanjang tidak makar. Sama dengan Jokpro, kita hanya sekumpulan masyarakat Indonesia yang puas dengan kinerja Pak Jokowi selama ini dan menginginkan beliau memimpin lagi di 2024 dalam periode ketiganya sebagai Presiden RI," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai berani menyampaikan aspirasinya ke MPR RI. Ia mendorong MPR agar mulai menampung aspirasi Jokowi 3 periode dan segera membahasnya.

"Pak Jokowi kan bilang `baru wacana` nah kita ajak saja seluruh rakyat Indonesia untuk merealisasikan wacana Jokowi 3 periode tersebut supaya jadi kenyataan. Masyarakat yang ingin Jokowi 3 periode harus mulai berani menyampaikan aspirasinya langsung ke MPR RI sekaligus kita dorong MPR agar mulai menampung aspirasi Jokowi 3 periode dan mulai membahasnya sehingga amandemen ke-5 UUD RI dapat segera dilaksanakan. Ayo sesarengan dukung Jokowi 3 periode!" tuturnya.

Terakhir, dia menegaskan terkait ide dan gagasan Jokowi 3 periode diperbolehkan mengingat hal tersebut bagian dari demokrasi. Menurutnya, ini adalah momentum bagi rakyat Indonesia untuk mewujudkan aspirasi Jokowi 3 periode.

"Ya seperti yang sudah saya katakan, ide/gagasan Jokowi 3 periode diperbolehkan karena ini negara demokrasi. Pak Jokowi saja bilang `boleh-boleh saja` kan kemarin. Maka dari itu, ini saatnya kita wujudkan Jokowi 3 periode!," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak melarang para relawan berwacana soal perpanjangan masa jabatan Presiden RI tiga periode.

Menurut Jokowi, itu merupakan suatu bentuk berdemokrasi, pun baru dibahas sebatas wacana.

"Ya kalau menurut saya boleh-boleh saja lah. Itu kan juga sebuah bentuk demokrasi dan tatarannya itu baru tataran wacana," kata Presiden Jokowi dikutip dari video yang diunggah di akun Twitter-nya, Selasa, 23 Agustus 2022.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya