Pilihan Senin, 29 November 2021 | 11:11

Profil Virgil Abloh, Desainer LV dan Pendiri Off-White

Lihat Foto Profil Virgil Abloh, Desainer LV dan Pendiri Off-White Pendiri perusahaan fesyen Off-White, Virgil Abloh. (Foto: Instagram/virgilabloh)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pendiri Off-White dan Direktur Artistik LV, Virgil Abloh Meninggal Dunia dalam usia 41 tahun pada Minggu, 28 November 2021. Ia mengembuskan napas terakhirnya usai berjuang melawan angiosarcoma jantung atau kanker agresif yang langka selama dua tahun terakhir.

Mengutip laman Variety, Virgil Abloh merupakan pria yang lahir dari orangtua imigran yang berasal dari Ghana pada 30 September 1980, di Rockford, Illinois.

Di masa mudanya, ia belajar teknik sipil di University of Wisconsin-Madison, menerima gelar sarjana pada tahun 2002.

Abloh kemudian melanjutkan untuk mendapatkan gelar master dalam arsitektur dari Institut Teknologi Illinois pada tahun 2006. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Abloh bertemu Kanye West, yang akan menjadi salah satu kolaborator utama pertamanya.

Pada tahun 2011, West menunjuk Abloh sebagai direktur kreatif perusahaannya Donda. Selama masa jabatannya, Abloh bekerja sebagai direktur artistik di beberapa sampul album paling populer abad ke-21, termasuk "My Beautiful Dark Twisted Fantasy" karya West, "Yeezus" dan "Watch the Throne".

Virgil Abloh juga membuat sampul untuk lagu "LONG. LIVE. A$AP" milik A$AP Rocky, "Luv Is Rage 2" dari Lil Uzi Vert, "Wzrd" dari Kid Cudi, "Based on a T.R.U. Story" 2 Chainz dan lainnya.

Pria 41 tahun itu mendirikan rumah mode Off-White pada 2012 dan menjabat sebagai CEO hingga kematiannya.

Pendekatan radikalnya terhadap pakaian sangat bertanggung jawab atas jembatan antara dunia pakaian jalanan dan mode mewah yang telah muncul selama dekade terakhir.

Perusahaan Off-White membawa Abloh ke posisi yang lebih menonjol di panggung global hingga menarik perhatian Louis Vuitton. Rumah mode itu menjadikan Abloh sebagai direktur artistik pakaian pria pada tahun 2018, yang digelutinya hingga akhir hayat.

Abloh adalah orang Afrika-Amerika pertama yang memimpin perusahaan yang bergerak di lini pakaian pria.

Moët Hennessy Louis Vuitton membeli saham mayoritas di Off-White tahun lalu. Pada bulan Juli, Abloh mengambil posisi di LVMH yang memungkinkannya untuk bekerja di 75 merek grup, menjadi eksekutif kulit hitam paling kuat dalam sejarah grup mewah tersebut.

Selain fesyen, Abloh juga terkenal dengan karyanya sebagai DJ dan desainer furnitur.

Dia meninggalkan istrinya Shannon Abloh, anak-anaknya Lowe dan Grey, saudara perempuannya Edwina Abloh, orangtuanya Nee dan Eunice Abloh. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya