Daerah Kamis, 16 Desember 2021 | 13:12

Program Sabtu Bersih di Kabupaten Manggarai Jadi Alternatif Masalah Sampah

Lihat Foto Program Sabtu Bersih di Kabupaten Manggarai Jadi Alternatif Masalah Sampah Kadis DLH Kabupaten Manggarai, Kanis Nasak. (Foto: Opsi/Adrian Juru).
Editor: Rio Anthony

Manggarai - Pemerintah Kabupaten Manggarai, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) secara masif mendorong Desa dan Kelurahan menjalankan program Sabtu Bersih di Wilayah masing-masing.

Program sabtu bersi menjadi salah satu alternatif penanganan masalah sampah di daerah itu. Program Sabtu bersih di daerah itu berjalan sejak Juni 2021 kemarin dan masih berjalan masif.

Kanis juga meminta keterlibatan seluruh elemen untuk berpartisipasi menjalankan program tersebut. Terlebih lagi Ia meminta para Lurah dan Kepala Desa agar terus menjadi aktor di lapangan.

"Prinsipnya adalah Sampah Ku Tanggung Jawab ku. Maka dengan begitu semua elemen harus terlibat untuk kebersihan lingkungan hidup. Gerakan sabtu bersih ini mesti dilakukan secara masif," ujar Kadis Kanis Nasak di ruangannya, Kamis 16 Desember 2021.

Kanis menjelaskan beberapa pekan terakhir program tersebut mandek akibat cuaca dan curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Manggarai.

Kendati demikian Kanis mengapresiasi terhadap kelurahan dan Desa terus menjalankan program ini dengan rutin.

"Kami di Dinas menemukan gagasan lalu mendesain. Kami juga akan terlibat langsung di lapangan tetapi yang menjadi eksekutornya tetap di Desa dan Kelurahan," pungkas Kanis Nasak. []

Penulis: Adrian Juru

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya