News Jum'at, 18 Februari 2022 | 16:02

Puan Maharani Sebut Penetapan Anggota KPU dan Bawaslu Melalui Dialog Panjang

Lihat Foto Puan Maharani Sebut Penetapan Anggota KPU dan Bawaslu Melalui Dialog Panjang Puan Maharani bersama Pimpinan DPR RI lainnya. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Rapat paripurna DPR RI secara resmi menetapkan tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu pada Jumat, 18 Februari 2022.

Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin langsung rapat paripurna, guna menetapkan hasil fit and proper test yang sebelumnya digelar Komisi II DPR RI selama tiga hari, sejak 14-16 Februari 2022 kemarin.

"Alhamdulillah, DPR RI telah memutuskan dan menetapkan tujuh anggota KPU serta lima anggota Bawaslu untuk periode 2022-2027," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dilihat di akun Twitter, Jumat, 18 Februari 2022.

"Penetapan ini telah melalui serangkaian proses dialog panjang dengan mempertimbangkan aspek integritas, keahlian, hingga komitmen untuk penyelenggaraan pemilu yang jujur, transparan, dan profesional," imbuh Ketua DPP PDI Perjuangan itu.

Dia menyebut, keputusan ini merupakan hasil musyawarah mufakat yang telah disetujui oleh seluruh fraksi. 

Baca juga: Profil Rahmat Bagja, Petahana di Bawaslu Masa Jabatan 2022-2027

"Selanjutnya, kami akan mengirimkan surat kepada Presiden untuk segera melantik para anggota yang terpilih," katanya. "Semoga amanah besar ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh para anggota KPU dan Bawaslu untuk kemajuan bangsa dan perkembangan demokrasi Indonesia," tandas perempuan pertama di Indonesia memimpin DPR RI.

Komisi II DPR RI telah menetapkan tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI masa jabatan 2022-2027 dalam rapat pleno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Februari 2022 dini hari.

Berikut tujuh nama anggota KPU dan lima nama anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027 yang ditetapkan DPR RI:

KPU

  1. Betty Epsilon Idroos
  2. Hasyim Asy’ari
  3. Mochammad Afifuddin
  4. Parsadaan Harahap
  5. Yulianto Sudrajat
  6. Idham Holik
  7. August Mellaz.

Bawaslu

  1. Lolly Suhenty
  2. Puadi
  3. Rahmat Bagja
  4. Totok Hariyono
  5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya